Ridwan Badallah Apresiasi PPID Konut

Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah saat menjadi narasumber pada sosialisasi PPID Pelaksana di Aula Anawai Ngguluri Kantor Bupati Konut, Senin 13 November 2023. (Foto: Istimewa).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) melaksanakan kegiatan sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Lingkup Pemkab Konut di Aula Anawai Ngguluri Kantor Bupati Konut, Senin 13 November 2023.

Selain dihadiri Bupati Konut Ruksamin dan Wabup Abuhaera, sosialisasi tersebut juga menghadirkan Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah sebagai narasumber.

-Advertisement-

Ketua panitia kegiatan yang juga Kepala Bidang Komunikasi Publik Ardin Sito dalam laporannya menjabarkan, kegiatan sosialisasi PPID Pelaksana ini merupakan salah satu program yang ada di Diskominfo Konut yang merupakan implementasi dari UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Bupati Konut Ruksamin menilai peran dan fungsi PPID sangat penting di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini.

“Berbagai macam kegiatan dan program sudah kita laksanakan, untuk itu jadikan PPID ini sebagai sarana dalam memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat, agar tidak ada lagi masyarakat yang mengkonsumsi berita hoax,” tuturnya.

Selaku pimpinan tertinggi di Konut, Ruksamin berharap dengan terpentuknya PPID di tiap OPD, pelayan kepada masyarakat terkait data dan informasi dapat menjadi lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah memaparkan tentang bagaimana mengelola PPID. Dimana, masyarakat memiliki hak atas informasi dari Badan Publik.

“Informasi Publik merupakan Informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan diterima oleh Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya yang sesuai dengan UU Nomor 14 serta informasi yang berkaitan dengan kepentingan public,” paparnya.

Ketua Dojo RB Kominfo Sultra ini menjelaskan, tentang jenis-jenis informasi yang meliputi informasi berkala, serta merta, setiap saat, dan apa informasi yang dikecualikan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi.

“Di era seperti saat ini, keterbukaan informasi public sangat di butuhkan untuk mewujudkan kebutuhan masyarakat akan pemerintahan yang jujur, transparan dan bersih,” jelasnya.

Ridwan Badallah berharap, dengan diaktifkannya PPID di tiap OPD dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments