PKK Muna Juara Umum B2SA

Bacakan

Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati Rusman (tengah) memegang piala didampingi pengurus PKK.

Raha, Inilahsultra.com – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muna berhasil merebut juara umum dalam lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

-Advertisement-

Lomba yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Sultra di Grand Clarion Hotel Kendari, 16 Mei 2017, TP PKK Muna berhasil merebut dua tropi dari lima kategori yang di perebutkan. Yakni kategori aneka ragam menu serta kategori favorit dewan juri.

Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati Rusman melalui Sekretaris PKK, Isra Nasrun mengatakan, dalam perlombaan cipta menu tersebut, PKK Muna hanya membutuhkan waktu tiga hari membuat konsep resep menu pangan lokal. Pangan lokal itu sesuai kebutuhan keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan satu anak dengan asupan gizi tercukupi.

“Seperti menyiapkan menu makan pagi, siang dan malam sesuai kebutuhan keluarga. Intinya bagaimana menciptakan aneka ragam bahan pangan lokal,” kata Isra Nasrun, Kamis, 18 Mei 2017.

Dalam lomba B2SA, lanjut Isra, PKK Muna menyajikan 17 ragam kulinner dengan menu andalan. Diantaranya, menu Rol Ubi Mafu (Ubi Ungu), tangsang kacang merah yang disajikan dalam menu makan pagi, serta puding kabuto yang di sajikan dalam menu snack sore.

Untuk bahan dasar menu rol ubi mafu, PKK Muna menggunakan ubi Mafu (ubi merembat) yang hanya ada di Muna dan ubi kayu kuning.

Dalam proses penyajiannya, semua ubi dikukus kemudian diulek dan dicampur kelapa dan garam setelah di kukus sekitar 20 menit.

“Selanjutnya diletakkan diatas cetakan, gulung ubi kuning yang dilapisi ubi mafu kemudian kembali dikukus hingga matang lalu disajikan,” jelasnya.

Sementara penyajian menu tangsang kacang merah, jelas Isra, menggunakan batang pisang bugis yang masih muda. Kemudian diiris kecil dan dimasukan ke dalam kacang merah yang sudah direbus dan dicampurkan 50 gram udang.

“Untuk menu puding kabuto (ubi yang dikeringkan) dijadikan tepung dicampur gula pasir dan santan kemudian diaduk hingga kental. Dicetak sesuai selera, setelahnya dikukus sampai matang dan siap disajikan dengan saus,” tutupnya.

Reporter: Iman

Editor: Rido

Facebook Comments