Harga Sembako di Buton Stabil

447

Disperindag dan Polres Buton menggelar sidak di sejumlah pasar, Senin, 28 Agustus 2017.


Pasarwajo, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton bersama Polres menggelar inspeksi mendadak (Sidak) pada sejumlah pasar, Senin, 28 Agustus 2017. Sidak itu untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang Iduladha.

- Advertisement -

Dari hasil sidak, dipastikan harga sejumlah kebutuhan pokok masih normal. Hanya garam mengalami lonjakan harga hingga mencapai 50 persen.

Salah seorang pedagang di Pasar Kaloko, Siti mengatakan, selain harga naik, stok garam juga berkurang. Bahkan di kios miliknya, stok garam kosong.

“Garam sekarang harganya Rp 3000 per 500 gram, itupun stoknya habis,” ujarnya.

Saat ini, harga beras ketan Rp 15.000, bawang merah Rp 18.000 perliter dan bawang putih Rp 40.000 perliter. Sementara harga gula pasir perkarung turun dari Rp 650.000 kini menjadi Rp 570.000.

Sementara harga sembako di Pasar Sabo juga relatif sama. Kelangkaan garam juga terjadi di pasar ini.

“Dari dua pasar ini harga sembako masih cukup stabil namun harga garam yang naik,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Buton Ir H Mustamlin Daly di sela-sela sidak.

Meski harga garam naik, lanjut dia, masyarakat masih mampu membeli. Sementara untuk mengantisipasi kelangkaan, pihaknya berupaya menyiapkan stok.

“Selama ini garam tidak pernah langkah baru kali ini, makanya Bulog tidak menyediakan garam seperti beras,” ujarnya.

Sementara, Kapolres Buton AKBP Andi Herman mengatakan, sidak yang dilakukan bersama Disperindag akan dilakukan secara berkesinambungan.

Menurut Andi Herman, harga sembako di Kabupaten Buton dan Buton Selatan (Busel) yang menjadi wilayah hukum Polres Buton, relatif normal. Operasi yang dilakukan pihaknya juga tidak ditemukan adanya penimbunan sembako.

“Hingga saat ini kita tidak temukan adanya penimbunan apalagi pedagang di Buton mengambil barang dari suplayer bukan gudang atau bulog,” ujarnya.

Reporter: Nia
Editor: Herianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...