Baubau Target Kota Layak Anak, Program Pendukung Digenjot

656

Wa Ode Soraya


Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau kini berusaha agar lima tahun kedepan bisa mewujudkan predikat Kota Layak Anak (KLA).

- Advertisement -

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Baubau, Wa Ode Soraya menuturkan, gelar KLA pantas disandang Kota Baubau. Pasalnya, beberapa program pendukung telah disematkan di negeri khalifatul khamis ini.

“Baubau juga layak menyandang itu (KLA).  Kota Peduli HAM, Kota Hijau kita sudah dapat dan Kota Sehat masih berjalan. Tinggal beberapa aspek lagi yang perlu dibuatkan perencanaannya guna mewujudkan KLA di Kota Baubau,” tuturnya usai workshop Kota Layak Anak di kantor Wali Kota Baubau, Selasa, 26 september 2017.

Workshop awal yang dilaksanakan tersebut untuk memberikan stimulus bagi masyarakat untuk bersama mewujudkan program KLA. Sebab, KLA akan berhasil bila masyarakat mengetahui bahwa segala kebutuhan anak mulai dari pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan lainnya dimulai dari lingkungan keluarga.

“Inti dari KLA bermula dari lingkungan keluarga itu sendiri. Jika berhasil diterapkan maka tahap berikutnya akan lebih mudah diwujudkan,” urainya.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga punya peran yang cukup besar. Agar tumbuh kembang anak lebih optimal maka layanan pemerintahan mulai dari kelurahan, puskesmas, sekolah dan layanan pemerintahan lainnya wajib menyediakan tempat khusus anak.

“Contohnya taman bermain, taman baca dan sebagainya yang mendukung pendidikan anak. Pemerintah harus menyediakan tempat ini,” tandasnya.

Pihaknya berharap besar program KLA ini diwujudkan. Dengan begitu, hak konvensi anak dalam otonomi daerah dapat diwujudkan demi terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030.

Reporter : Asi
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...