Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Buton Mengalami Percepatan Sejak 2016

916
Pegawai BPS Kabupaten Buton usai melakukan sosialisasi PMTB di Aula Kantor Bupati Buton, Rabu 18 April 2018.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buton menggelar koordinasi dan sosialisasi di Aula Kantor Bupati Buton, Rabu 18 April 2018. Kegiatan itu digelar untuk melaksanakan kegiatan survei penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto (PMTB) yang dilaksanakan secara nasional.

Asisten III Setda Buton Laode Muhidin mengatakan, survei penyusunan disagregasi PMTB lebih dikenal dengan investasi/kapital yang dikuasai pelaku ekonomi. Peran investasi dalam perekonomian tercermin dari PMTB.

- Advertisement -

“Perekonomian ditentukan dua faktor barang modal dan tenaga kerja,” ujarnya.

Dia mengatakan, pertumbuhan investasi ditunjukkan oleh angka PMTB Buton yang terus meningkat dengan proporsi PMTB bangunan 56,45 persen dan non bangunan 43,54 persen pada tahun 2016.

“Ekonomi Buton selama tiga tahun terakhir mengalami perlambatan namun kembali mengalami percepatan pada tahun 2016,” jelasnya.

Dia mengatakan, lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan, pertambangan dan penggalian serta konstruksi merupakan lapangan usaha penyumbang PDRB tertinggi di Buton. Investasi untuk ketiga lapangan usaha itu cukup bedar.

Selama dua tahun terakhir, besaran Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) mengalami percepatan dari 4,06 persen pada tahun 2015 naik menjadi 8,01 persen pada tahun 2016.

Dia menjelaskan, PMTB diperlukan untuk melihat pelaku ekonomi yang melakukan investasi dan investasi yang dilakukan oleh perusahaan industri serta nilai investasi dan stok barang modal yang ada pada suatu institusi.

“Survei ini sebagai pendukung dalam penyusunan PDRB Pengeluaran,” terangnya.

Ketersediaan data PMTB, lanjut dia, akan membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan meningkatkan iklim investasi dan mempermudah investor dalam berusaha serta membantu dunia usaha dalam menentukan arah kebijakan usahanya.

Makanya, Laode Muhidin mengimbau kepada semua pihak untuk mendukung dan membantu kegiatan survei penyusunan disagregasi PMTB yang akan dilaksanakan BPS Kabupaten Buton nanti. Solusinya dengan memberikan jawaban secara jujur dan transparan.

Reporter: Yeni
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...