Sebanyak 36 Sekolah di Butur Ikuti Pelatihan Pembinaan PMR

411
 

Buranga, Inilahsultra.com– Sebanyak 36 sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK Se-Kabupaten Buton Utara (Butur) mengikuti pelatihan pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) di Gedung Islamic Center Kulisusu, Rabu, 29 Agustus 2018.

Giat pelatihan yang direncanakan digelar selama dua hari itu bertujuan menjadikan pembina PMR dalam melaksanakan tugas selalu mengacu pada manajemen PMR dan Tribakti PMR. Selain itu, ikut menjalin hubungan antara pembina PMR dengan pengurus markas PMI Butur dalam setiap pelaksana pembinaan di sekolah-sekolah.

- Advertisement -

Acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati Butur Abu Hasan melalui Asisten I, Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Butur Mohamad Amaluddin Mokhram. Pelatihan ini mengusung tema”Membentuk Palang Merah Remaja yang Tanggap, Mandiri dan Berkarakter”.

Mohamad Amaluddin Mokhram pada kesempatan itu menyampaikan secara nasional ada regulasi yang mengatur tentang kepalangmerahan tahun 2018 tentang Palang Merah Remaja. Bahkan, sudah ada perubahan menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah.

“Ini sebuah kemajuan, karena kemarin masih bersifat kerelaan, tapi ini sudah wajib,” katanya.

Dengan pembinaan ini, PMR Butur akan memiliki relawan tangguh terhadap situasi-situasi darurat khususnya di dalam wilayah paling utara pulau Buton ini.

“Pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan seperti ini. Jadi ini adalah tanggapan pemerintah daerah terhadap kegiatan PMR khususnya di Buton Utara, sangat bagus. Muda-mudahan manfaatnya itu bisa langsung diaplikasikan dalam aktivitas di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Butur Khaidhar Ma’ruuf mengatakan, lahirnya UU No.1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan, bahwa sosialisasi ke sekolah-sekolah bisa dilaksanakan sejajar dengan ekstrakurikuler lainnya yang ada di sekolah.

“Kita berharap PMI Kabupaten Buton Utara akan melahirkan pembina-pembina sekolah dalam membina karakter siswa berdasarkan prinsip dasar gerakan palang merah, dan bulan sabit merah internasional, serta sebagai mitra PMI kabupaten,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini ikut dihadiri Sekertaris PMI Provinsi Sultra, Sahrun Gaus, Asisten II, Bidang Pembangunan dan Kepala Dinas Sosial Butur Muliana, dari unsur TNI, Kepolisian dan tamu undangan lainnya.

Reporter : Armawan

Editor      : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...