Geser Sekretaris DPRD, Pemkot Baubau Dinilai Lupa Etika

406
 

Baubau, Inilahsultra.com – Wakil Ketua DPRD Kota Baubau, La Bara kecewa dengan tindakan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau karena telah menggeser Wa Radja sebagai Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Baubau.

“Secara kelembagaan, saya sebagai salah satu unsur pimpinan di DPRD sangat kecewa sekali dengan sikap Pemda hari ini,” tegas La Bara saat konferensi pers di Kantor DPRD Kota Baubau, Senin 18 Maret 2019.

- Advertisement -

Legislator PBB tersebut menilai dengan adanya rotasi Sekwan, Pemkot Baubau hari ini telah mengabaikan etika dan dianggap telah mencederai lembaga DPRD sebagai salah satu unsur pemerintahan di daerah sebagaimana diatur dalam UU 23 tentang otonomi daerah.

La Bara mengaku tidak mempersoalkan terjadinya pengisian jabatan yang kosong untuk eselon II atau yang menduduki jabatan OPD, karena itu memang hak perogratif Wali Kota Baubau sebagai kepala daerah. Hanya saja pergantian Sekwan yang artinya ada etika yang dilupakan Pemda.

“Saya tidak mempersoalkan seorang Wa Radja yang menjabat sebagai Sekwan. Hanya saja Sekwan itu, ketika dia tugas sebagai Sekwan, ada aturan yang mengatur itu yaitu tata tertib (Tatib) Dewan,” tukasnya.

Dijelaskan, didalam tatib dewan itu, pada bab 16 pasal 190, ayat 4 disebutkan Sekretaris DPRD sebagaimana dimaksud pada ayat 3 (tiga), diangkat dan diberhentikan dengan keputusan wali kota atas persetujuan pimpinan DPRD setelah berkonsultasi dengan pimpinan fraksi.

“Etika inilah yang diabaikan Pemda. Karena sampai dengan pelantikan ini terjadi, saya sebagai salah satu unsur pimpinan tidak pernah di konfirmasi,” jelasnya.

La Bara menambahkan, yang namanya unsur pimpinan itu kolektif kolegial. makanya dalam lembaga DPRD tidak ada  yang namanya kepala kantor, kepala DPRD. Yang ada itu pimpinan DPRD dan itu kolektif kolegial, ketua dan wakil ketua.

“Kalaupun pimpinan menyetujui, harus ada rapat pimpinan. Tetapi sampai dengan hari ini, tidak ada rapat tersebut,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...