Salah Satu Penyebab PSU di Sultra : Pemilih Gunakan C6 Orang Lain

208

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak 49 tempat pemungutan suara (TPS) di Sulawesi Tenggara dipastikan akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2019.

PSU di Sultra ini diakibatkan oleh sembilan hal. Salah satunya penggunaan C6 orang lain. Selain itu, ada pemilih yang mencoblos dua kali.

- Advertisement -

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib merinci, berdasarkan rekomendasi panwascam di 11 kabupaten atau kota yang menggelar PSU, ada sebanyak 11 TPS yang ditemukan C6 warga digunakan orang lain.

Yakni, TPS 3 dan TPS 9 Lasusua Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara.

Selanjutnya, TPS 4 Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Baubau. TPS 8 dan TPS 10 Lamangga Kecamatan Murhum. TPS 7 Wundudopi Kecamatan Baruga Kota Kendari. TPS 10 Kemaraya Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari. TPS 3 Langara Iwawo Kecamatan Wawonii Barat Konawe Kepulauan. TPS 2 Wanggudu Kecamatan Asera Konawe Utara. TPS 7 Patowonua Kecamatan Lasusua Kolaka Utara dan TPS 19 Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari.

Natsir mengaku, kasus ini harus segera diproses oleh Bawaslu dan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) karena telah menyebabkan terjadinya PSU.

“Kita harapkan tidak hanya koreksi pemungutan suara, tapi pelanggar harus diberikan efek jera,” kata Natsir, Senin 22 April 2019.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Pada pasal 533 menggunakan C6 orang lain ancamannya 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 18 juta.

“Mereka harus dikenakan pidana pemilu. Karena mengaku sebagai orang lain untuk memilih itu kejahatan dan pidana pemilu,” tegasnya.

Ia berharap, kasus ini diproses secara hukum. Tak terkecuali warga yang menggunakan hak pilih lebih dari satu kali.

Berdasarkan data rekomendasi Bawaslu, warga yang menggunakan hak pilih sebanyak dua kali di TPS 14 Laloeha Kecamatan Kolaka Kabupaten Kolaka.

Baca Juga :  Pemilu 2019 di Kota Baubau, Cek Nama Kamu Disini

“Bawaslu harus mendorong proses pidana melalui Gakkumdu sehingga ke depan tidak lagi terjadi hal seperti ini,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here