Fakta Baru Perolehan Suara dalam Perebutan Kursi DPD RI Dapil Sultra

1523
Perolehan suara calon DPD RI Dapil Sultra

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra telah menuntaskan proses rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 untuk seluruh jenis pemilihan.

Meski hasil perolehan untuk Baubau masih tertunda karena kesalahan penjumlahan pemilih, namun tidak mengubah perolehan hasil masing-masing peserta.

- Advertisement -

Khusus perolehan suara DPD RI, ada persaingan sengit dalam perebutan kursi keempat antara dr Dewa Putu Ardika Saputra dan Fatmayani Tombili.

Di 17 kabupaten atau kota, dr Dewa mampu mengumpulkan 52.480 suara untuk mengamankan kursi terakhir, dari empat kursi yang disiapkan.

Ia hanya unggul 222 suara atas pesaing terberatnya Fatmayani Tombili yang hanya mengumpulkan 52.258 suara.

Angka 222 suara ini sama dengan lebih sedikit jumlah pemilih di satu TPS, yang maksimal 300 pemilih. Artinya, Fatmayani kalah 1 TPS dalam perebutan kursi terakhir dengan dr Dewa.

Bila dr Dewa dan Fatmayani berebut kursi keempat dengan selisih tipis, berbeda dengan Andi Nirwana yang begitu digdaya perolehan suaranya.

Istri Bupati Bombana, Tafdil ini, meraih 130.124 suara. Ia unggul jauh dari peringkat kedua, Amirul Tamim yang mampu memperoleh 73.399 suara.

Selisih antara Andi Nirwana dan Amirul sebanyak 56.725 suara. Bila dibagi dengan sistem sainte lage, seperti digunakan pada perolehan kursi untuk DPR dan DPRD, Andi Nirwana bisa memperoleh kursi keempat yang dimiliki oleh dr Dewa yang mengumpulkan 52.480 suara. Namun, untuk tingkat DPD, pembagian sainte lage murni tidak berlaku. Yang ada hanya perolehan suara terbanyak dengan peringkat.

Perolehan suara Andi Nirwana dengan Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan juga cukup mencolok jaraknya. Rabiah hanya memperoleh 62.051 suara. Bila dikurangi dengan perolehan Andi Nirwana, selisih mereka 68.073 suara. Perolehan yang sangat fantastis dari Andi Nirwana.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...