Dari 123 Koperasi Simpan Pinjam di Mubar, Hanya 80 Persen yang Aktif

114
Kadis Koperasi Muna Barat

Laworo, Inilahsultra.com – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muna Barat (Mubar) mencatat sebanyak 123 koperasi simpan pinjam dan serba usaha, sudah berjalan di wilayah Mubar.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Mubat Burhanuddin mengatakan, dari 123 koperasi ituzyang aktif hanya 80 persen.

- Advertisement -

Selebihnya dianggap tidak aktif karena belum melaporkan perkembangan koperasinya kepada pemerintah tiap akhir tahun.

“Kita adakan terus pemuktahiran dan pembinaan setiap tahun kepada pelaku badan usaha koperasi,” kata Burhanuddin saat ditemui di ruangannya, Kamis 16 Mei 2018.

                       

Ia menyebut, adanya koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus meretas pengangguran. Untuk itu, kata dia, tidak bisa dilepaskan dari peran aktif masyarakat.

Berdasarkan survei, kata dia, jumlah koperasi makin bertambah. Pada tahun 2018, ada penambahan lima koperasi .

“Tahun ini belum ada pendataan namun dipastikan ada dua yang mau diajukan untuk mendapatkan akta notaris agar bisa menjadi koperasi simpan pinjam,” jelasnya.

Tahun ini ia menginginkan, koperasi yang mau diajukan itu berada di wilayah kepulauan. Sebab menurutnya, daerah kepulauan sangat membutuhkan hadirnya koperasi, selain letaknya yang jauh, bank juga tak ada di sana.

“Untuk menjangkau bank juga butuh biaya dan tenaga banyak. Kita di dinas selalu mempermudah untuk membentuk koperasi. Kita bantu untuk membentuk koperasi yang defenitif,” ujarnya.

Koperasi simpan pinjam ini, kata dia, bisa menjadi lembaga keuangan di masyarakat bukan bank. Hal ini akan mempermudah masyarakat mengakses kebutuhan di wilayah pesisir .

“Jadi model pinjaman tidak seperti di bank. Untuk bisa melakukan peminjaman harus masuk anggota. anggota satu koperasi minimal 20 orang. Bisa lebih dari itu, tapi tidak boleh kurang dari 20,” pungkasnya.

Baca Juga :  Wujudkan Lumbung Daging, Pemda Butur Canangkan Program Sapi Wajib Bunting

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...