Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Diperkirakan Melanda Sultra Hingga 5 Hari ke Depan

3329
Cuaca ekstrem di Teluk Kendari. (Antara/Jojon)

Kendari, Inilahsultra.com – Potensi hujan lebat dan gelombang tinggi akan kembali terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga 5 hari ke depan.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, hujan dan gelombang diakibatkan adanya aktivitas gelombang atmosfer madden julian oscillatioan (MJO) di wilayah Indonesia.

- Advertisement -

Aktivitas MJO ini berpotensi cukup signifikan mendukung pembentukan awan hujan di Indonesia bagian tengah dan timur yang diperkirakan akan berlangsung selama 4 hari ke depan mulai 11 sampai 15 Juni 2019.

“Adapun wilayah-wilayah yang berpotensu hujan sedang sampai hujan lebat selama 5 hari ke depan yaitu Kabupaten Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Bombana, Buton Utara dan Kota Kendari,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Ramlan melalui rilisnya, Senin 10 Juni 2019.

Selain hujan lebat, lanjutnya, potensi gelombang tinggi dapat mencapai 2,5 meter atau lebih yang diperkirakan masih akan terjadi di perairan Kepulauan Wakatobi, perairan Baubau, perairan Menui Kendari, perairan Kepulauan Banggai, Perairan Kepulauan Sula, Laut Banda Timur Sultra dan teluk Tolo.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh hujan lebat seperti potensi banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” imbaunya.

Kemudian masyarakat juga harus memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, untuk perahu nelayan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal feri kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

Baca Juga :  Pastikan Daging Kurban Layak Konsumsi, Pemkab Butur Gerakan Tim Pemeriksa

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan berkativitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” jelasnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here