Kemensos Siapkan Bantuan Rp 2,1 Miliar untuk Warga Desa Sampoabalo dan Gunung Jaya Buton

387
Direktur Perlindungan Sosial Kemensos, Nurul Farijati memberikan bantuan secara simbolis kepada warga Desa Gunung Jaya, Rabu 12 Juni 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Warga Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya Kecamatan Siontapina Kabupaten Buton yang terlibat bentrok pekan lalu, mendapat bantuan keserasian sosial dan kearifan lokal. Bantuan itu berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

“Dua desa yang bentrok kami berikan bantuan keserasian sosial agar mereka bisa melakukan aktifitasnya. Mereka nanti akan bergotong royong,” ujar Direktur Perlundingan Sosial (Kemensos) Nurul Farijati, Rabu 12 Juni 2019.

- Advertisement -

Bantuan keserasian sosial ini, kata dia, dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 150 juta. Mereka nantinya akan mengadakan kegiatan secara bersama-sama. Sehingga kegiatan atau sarana yang akan dibangun akan dikerjakan warga dua desa tersebut.

Selain itu, kata dia, Kemesos juga sudah melakukan pendataan rumah warga yang rusak. Kemensos nanti akan memberikan bantuan sebesar Rp 25 Juta. Namun ada juga yang hanya Rp 10 juta sampai Rp 15 Juta.

                       

“Besaran bantuannya tergantung hasil assesment dari kementerian dan saat ini masih melakukan pendataan. Total bantuan yang diberikan sebesar Rp 2,190 miliar,” terangnya.

Hasil pendataan tersebut, lanjut dia, akan dibawah ke Jakarta dan bantuannya akan disalurkan melalui Bank Mandiri, baik bantuan untuk rumah, santunan ahli waris, bantuan logistik dan keserasian sosial.

Bukan hanya itu, Kemensos juga menyiapkan bantuan ekonomi kreatif. Bagi warga yang memiliki warung diberikan bantuan sebesar Rp 5 juta.

“Semua bantuan diserahkan Menteri Sosial dengan kehadiran dua tokoh perwakilan dua desa,” tuturnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
             
Baca Juga :  Munas KKL I Diharap Bisa Persatukan Warga Laporo