Satu Hektare Lebih Lahan di Konsel Terbakar, Tim Berhasil Padamkan

42
Tim Manggala Agni Daops Tinanggea dan aparat kepolisian memadamkan api di salah satu lokasi di Konawe Selatan. (Dok Manggala Agni)

Kendari, Inilahsultra.com – Tim Manggala Agni Daops Tinanggea Sulawesi Tenggara bersama Polsek dan Koramil Tinanggea berhasil memadamkan api yang membakar sejumlah hutan dan lahan di Kabupaten Konawe Selatan.

Kepala Manggala Agni Daops Tinanggea Sultra Yanuar Fanca Kusuma mengatakan, titil karhutla pertama ditemukan di Desa Matandahi Kecamatan Tunanggea Kabupaten Konsel.

- Advertisement -

Ia menyebut, lahan yang terbakar di desa ini seluas 0,45 hektare di koordinat S 04.45277, E 122.32015.

“Tim patdu Matandahi memberikan informasi kepada personel siaga di posko Lapoa dan pada pukul 17.27 Wita, karhutla berhasil dipadamkan,” katanya, Rabu 7 Agustus 2019.

Ia menyebut, vegetasi yang terbakar adalah alang-alang dan semak di tepi hutan. Daerah ini merupakan lokasi yang rawan karhutla.

Dalam menjinakkan api, tim mengalami kendala sumber air yang jauh dari titik karhutla, kecepatan angin dan jenis vegetasi mudah terbakar serta kesiapan sarana dan prasarana belum maksimal.

“Penyebab karhutla tidak diketahui,” ujarnya.

Titik karhutla kedua adalah di Kelurahan Tinanggea Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan.

Tim kemudian berhasil memadamkan kebakaran pada pukul 18.07 WITa. Lahan yang terbakar ini berupa alang-alang seluas 1,06 hektare di koordinat S 04.46096, E 122.22239.

“Penyebab kebakaran tidak diketahui,” ujarnya.

Terhadap bahaya kebakaran di lahan-lahan tandus, Manggala Agni terus melakukan patroli di beberapa daerah. Yakni, di Bombana, Konawe, dan Konawe Selatan.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Bantuan BUMN Korban Banjir di Sultra Tembus Rp 1,25 Miliar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here