Dugaan Kebocoran Anggaran Rp 5 Miliar di KONI, Pengurus Anggap Lelucon

495
Sekretaris Umum KONI Sultra, Erycson Ludji.

Kendari, Inilahsultra.com –Pengurus KONI Sultra membantah dugaan penyelewengan dana hibah di organisasi yang dipimpin wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas.

Menurut Sekretaris Umum KONI Sultra, Erycson Ludji, pernyataan ini hanya lelucon pihak-pihak yang tidak senang dengan kepengurusan KONI saat ini.

- Advertisement -

“Data yang tak jelas dan kami menilai mengada-ada,” ujar Erycson, Kamis (22/8/2019).

Dia menjelaskan, laporan yang ditujukan ke Mabes Polri itu melaporkan dugaan penyelewengan anggaran KONI pada rentang tahun 2014-2019. Berarti, ada dua masa kepengurusan yang dilaporkan, pada masa Nur Alam dan Lukman Abunawas.

                       

“Anggaran sebesar Rp 5 miliar itu adalah jumlah dana hibah untuk pengembangan dan peningkatan prestasi olahraga di Sultra. Cek data, apa yang sudah kami buat dalam waktu 2015-2019,” tambahnya.

Dia menambahkan, pertanggungjawaban dana hibah sudah diketahui pihak Badan Pemeriksa Keuangan, DPRD Sulawesi Tenggara dan inspektorat. Sehingga, peluang adanya penyelewengan sudah diperiksa oleh sejumlah pihak yang berkepentingan.

“Saat Ali Mazi yang menjadi gubernur saat ini, kami mendapat dana hibah Rp 6 miliar. Ini anggaran untuk menangani puluhan cabor yang bersiap menuju Pra PON dan PON,” jelasnya.

Dia merinci, dana Rp 6 miliar, membuat pihak KONI Sultra harus memutar otak bagaimana membagi anggaran kepada seluruh cabor. Padahal, kebutuhan cabor tidak sedikit.

“Pra PON digelar hampir semua di luar Sultra, bayangkan anggaran untuk puluhan cabor. Kemudian, kalau kami selewengkan kita pasti dihabisi cabor peserta Pra-PON,” ujarnya.

Ericson berharap, semua pihak bisa menghindari isu tak jelas menghadapi momen pemilihan Ketum KONI. Sehingga, kandidat lain tak merasa dijatuhkan dengan isu-isu yang belum jelas informasinya.

Baca Juga :  Daftar Atlet Asian Games Sultra Penerima Bonus dan Besaran Hadiah

“Kalau ada yang jengkel dengan Ketua KONI dan pengurus sekarang, sampaikan apa alasannya. Tapi, jangan lupa Ketua KONI sudah merangkul semua cabor dan bekerja keras sejak periode pertama dia memimpin,” pungkasnya.

Penulis : Akbar
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3
loading...