Buton Masuk Urutan Keenam Kabupaten Layak Anak

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sultra melakukan sosialisasi kabupaten layak anak di Kabupaten Buton, Rabu 20 November 2019.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Dalam rangka mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) gencar mengkampanyekan kebijakan Kota/Kabupaten Layak Anak (KLA).

-Advertisements-

Rabu 20 November 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi di Kabupaten Buton.

Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sultra Hj Andi mengatakan, Kabupaten Buton tercatat urutan keenam sebagai kabupaten/kota di Sultra yang telah menyelenggarakan KLA.

“Di Sultra baru Kota Kendari masuk dalam KLA dan Kabupaten Buton masuk dalam urutan keenam,” ujarnya.

Kata dia, untuk mewujudkan KLA Pemprov Sultra melakukan sosialisasi dengan memberikan penguatan. Salah satunya membentuk Forum Anak Provinsi Sultra dan dilanjutkan dengan Forum Anak Kota/Kabupaten. Forum ini mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

“Program Pemerintah Pusat pada tahun 2030 mendatang, anak-anak di Indonesia tidak ada lagi yang tertindas menjadi Indonesia layak anak. Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melakukan sosialisasi di semua kabupaten,” katanya.

Untuk mencapai target yang ditetapkan pemerintah pusat, Pemprov Sultra saat ini tengah melakukan berbagai kegiatan untuk anak melalui forum anak baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota.

“Untuk provinsi di bentuk Forum Anak Provinsi dan di kabupaten dilanjutkan dengan Forum Anak Kabupaten,” terangnya.

Melalui forum anak, Andi berharap, ada keterlibatan anak dalam berbagai kegiatan dan pendanaan dari kerjasana dengan dunia usaha.

“Buton berada di urutan 6 setelah
Kota Kendari dengan nilai 857,3. Kemudian Konsel, Konawe, Kolaka, Wakatobi, dan Buton dengan nilai 143,9. Sedangkan untuk memenuhi standar kabupaten harus memiliki nilai 516,” rincinya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...