Bawaslu Wakatobi Ajak Warga Laporkan Pelanggaran Pilkada

Ilustrasi (Foto Serambi.com)
Bacakan

Wakatobi, Inilahsultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wakatobi menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanganan san pendidikan pelanggaran Pemilu di Hotel Wakatobi, Selasa 10 Desember 2019.

-Advertisements-

Rakor ini adalah upaya meningkatan fungsi pengawasan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wakatobi 2020 nanti.

-Advertisements-

Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Wakatobi, La Ode Januria mengungkapkan, partisipasi warga untuk melaporkan adanya dugaan Pilkada sangat dibutuhkan.

-Advertisements-

“Karena Bawaslu Wakatobi dengan personil yang sedikit tidak mungkin menjangkau semua wilayah Wakatobi kalau ada pelanggaran. Makanya bantuan masyarakat itu kami sangat butuhkan,” ungkapnya.

Cara melaporkan, lanjut dia, bisa datang langsung ke Sekretariat Bawaslu Wakatobi atau disampaikan secara tertulis, melalui media massa atau melalui via telepon.

“Selanjutnya kami akan klarifikasi, kalau sudah memenuhi syarat formil dan materil selanjutnya kami teruskan ke lembaga-lembaga yang berhak memberikan sanksi,” imbuhnya.

Pada kegiatan ini, Bawaslu Wakatobi kembali mengevalusi penanganan dugaan pelanggaran. Penanganan pelanggaran Pemilu, lanjut La Ode Januari, didasarkan Pada Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 7. Sedangkan untuk penanganan pelanggaran Pilkada menggunakan Perbawaslu No 14.

“Disitu juga terkait dengan mekanisme penanganan. Kalau Perbawaslu Nomor 7, dihitung 7 tambah 7 berarti 14 hari. Kalau Perbawaslu Nomor 14 Pilkada, hitungannya 3 tambah 2, jadi lima hari. Sehingga waktu untuk penanganan pelanggaran itu sangat singkat,” tutupnya.

Reporter: La Ode Samsuddin

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...