Panitia dan Tahapan Pemilihan Tebentuk, Sulkarnain Belum Serahkan Dua Nama ke Dewan

582
 

Kendari, Inilahsultra.com – Langkah partai koalisi untuk mempercepat pemilihan Wakil Wali Kota telah dibuktikan dengan menyerahakan dua calon, yakni Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra (AJP) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Namun, langkah partai koalisi yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terhenti di tangan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, karena belum menyerahkan ke DPRD untuk diproses lebih lanjut.

- Advertisement -

Dua nama usungan partai koalisi itu masuk di Pemkot Kendari sejak 30 Desember 2019.

Sementara itu, DPRD Kota Kendari sebagai penyelenggara untuk mempercepat pemilihan wakil wali kota. Dibuktikan dengan terbentuknya panitia pemilihan wakil wali kota pada Kamis 9 Januari 2019.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan mengatakan, sebelumnya kepengurusan panitia pemilihan wakil wali kota sudah terbentuk pada DPRD yang lama.

“Tapi kepengurusan yang lama sudah kita cabut dan tidak berlaku lagi, dan digantikan DPRD yang baru sebagai  kepengurusan baru,” ujarnya.

Lanjut Subhan, semua kepanitiaan berjumlah 11 orang, yang menjadi panitia merangkap anggota dan Sekwan sebagai sekretaris panitia tapi tidak termasuk anggota panitia. Dari tujuh fraksi sudah mengusulkan nama-nama perwakilan untuk menjadi panitia pemilihan wakil wali kota.

“Setelah masuk dua nama, dewan tidak langsung melakukan pemilihan, karena masih ada lagi tahapan-tahapan yang dilalui para calon. Kita harapkan dimasukan secepatnya, supaya dilaksanakan pemilihan dengan apa yang kita harapkan di Januari atau Februari,” jelasnya.

Untuk kepastian pemilihan, lanjutnya, Dewan belum bisa memastikan kapan dilaksanakan. Sebab, wali kota belum menyerahkan dua nama calon wakil.

“Kita masih menunggu dua nama masuk ke DPRD. Kalau kita sudah terima, tahapan-tahapan pemilihan akan dilakukan termasuk penentuan jadwal pemilihan,” ujarnya.

“Kita berharap wali kota memasukan secepatnya dua nama ke DPRD, supaya supaya kita dilakukan pemilihan secepatnya,” tambahnya.

Sementara Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengakui, surat rekomemdasi dua nama calon wakil dari partai koalisi sudah diterima dan sudah didisposisi.

“Saya sudah disposisi suratnya ke bagian Kabag Hukum untuk dilakukan verifikasi seluruh aturan hukumnya. Setelah itu diserahkan ke DPRD,” kata Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Rabu 8 Januari 2019.

Ketua DPD PKS Kota Kendari ini mengaku tidak ingin terburu-buru menyerahkan dua nama calon wakil ke DPRD, karena lagi fokus menjalankan tugas sebagai pimpinan di Pemkot Kendari.

“Kalau saya bekerja cepat. Namun saya tidak akan terburu-buru bisa dibedakan itu,” tutupnya.

Adapun komposisi panitia pemilihan

Wakil Wali Kota Kendari sebanyak 11 orang.

1.Ketua Panitia Subhan selaku Ketua DPRD Kota Kendari

2. Wakil Ketua panitia LM. Inarto dan Samsuddin Rahim selaku Wakil Ketua DPRD Kota Kendari

3. Sekretaris panitia Syam Alam selaku Sekretaris DPRD Kota Kendari

Sementara anggota panitia dari masing-masing fraksi diantaranya

1. Fraksi PAN Irwan Sukma

2. Fraksi Gerindra Simon Mantong

3. Fraksi PDIP Andi Sulolipu

4. Fraksi DKI Rahman Tawulo

5. Fraksi Golkar LM. Rajab Jinik

6. Fraksi Nasdem Fadli Bafadal

7. Fraksi PKS La Yuli dan Rostina Tarimana

Adapun tahapan pemilihan Wakil Wali Kota Kendari.

1. Penyusunan program dan penetapan jadwal.

2. Pengumuman dan pemberitahuan penyampaian calon.

3. Pendaftaran calon.

4. Penerimaan berkas pendaftaran calon.

5. Penelitian persyaratan administrasi calon.

6. Penetapan calon.

7. Penyampaian program kerja.

8. Pemungutan dan penghintungan suara.

9. Penetapan hasil pemungutan suara dan penghitungan syara.

10. Penetapan calon terpilih.

11. Pengusulan pengesahan pengangkatan

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...