Polres Konut Tangkap Lima Pencuri Ratusan Ternak Sapi

508
 

Konawe Utara, Inilahsultra.com – Tim Khusus (Timsus) Buru Sergap 67 (Buser 67) Kepolisian Resor (Polres) Konawe Utara (Konut) berhasil menangkap lima pelaku pencurian hewan ternak yang marak beraksi di wilayah Konut, Senin, 24 Februari 2020.

Kelima pelaku berhasil diciduk sekitar pukul 02.00 Wita dini hari. Para pelaku ini telah mencuri sekitar ratusan ekor ternak sapi.

- Advertisement -

Berdasarkan identifikasi polisi, kelima tersangka merupakan warga Kota Kendari berinisial AW, JM, RS, KR sebagai pelaku. Sedangkan NS berperan sebagai penada hasil curian.

Kepala Polisi Resor (Kapolres) Konut, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Achmad Fathul Ulum SIK menjelaskan, dari hasil interogasi, para tersangka telah menjalankan aksinya di wilayah Konut sejak 2019 dengan 39 tempat kejadian perkara (TKP) yaitu di Kecamatan Lasolo, Sawa, Asera, Oheo dan Wiwirano.

“Begitu kami dapat laporan masyarakat yang kehilangan hewan ternaknya, kami langsung menurunkan tim khusus buru sergap (Buser 67) untuk melakukan penyelidikan. Dari pengembangan, tim berhasil mengantongi identitas dan memburu para pelaku di Kota Kendari,” katanya didampingi langsung Kasat Reskrim Iptu Rachmad Zam Zam, SH saat memberikan keterangan pers, Senin 24 Februari 2020.

Dalam proses penangkapan ini, lanjut dia, tim Buser 67 Polres Konut bekerja sama dengan jajaran Polsek Mandonga dan Reserse Mobile (Resmob) Polda Sultra.

Selain menangkap pelaku, polisi juga mengamankan satu unit mobil jenis Toyota Avanza yang digunakan untuk mengangkut hewan hasil curian.

Ia membeberkan, modus pencurian yang dilakukan pelaku cukup unik.

Mereka lebih dulu memberikan makanan sapi dicampur potas dan pisang.

Setelah diberi makan, pelaku menunggu lima sampai sepuluh menit hingga sapi pingsan tak berdaya.

“Kemudian menangkap sapi tersebut,” bebernya.

Setelah ditangkap, pelaku menyembeli sapi curiannya menjadi beberapa bagian lalu dijual ke penadah yang juga jaringan dari para pelaku serta di pasar-pasar.

Dari keterangan pelaku, lanjut dia, sapi yang dicuri sudah mencapai 100 ekor dengan beberapa lokasi berbeda.

“Tetapi kami masih perdalam lagi pemeriksaannya,” bebernya.

Atas perbuatannya, kelima tersangka dikenakan pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman 7 tahun penjara.

Kini tersengka dijebloskan di sel tahanan Markas Polres (Mapolres) Konut untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut.

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...