Sinergi TNI/Polri dan Pemkot Kendari Bangunkan Rumah Kakek La Ngunggu

656
Kakek La Ngunggu akhirnya sudah bisa memiliki rumah layak huni usai dibangunkan TNI-Polri dan Pemkot Kendari. (Onno/Inilahsultra.com)

Kendari, Inilahsultra.com – Kakek La Ngunggu (80) bakal segera mendapatkan rumah yang lebih layak setelah TNI/Polri dan Pemkot Kendari turun tangan.

Sebelumnya, La Ngunggu yang hidup di gubuk reyot selama 30 tahun berukuran 1×2 meter di Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

- Advertisement -

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir bersama Komandan Kodim 1417 Kendari Kolonel Inf. Alamsyah, Kasat Binmas Polresta Kendari serta Camat Kendari menyempatkan mengunjungi rumah yang selama ini didiami La Ngunggu, Senin 24 Februari 2020.

Pembangunan rumah kakek yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung dilakukan berdasarkan hasil musyawarah dari beberapa unsur diantaranya TNI, Polri, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, dan masyarakat setempat.

100 personel Kodim 1417/Kendari ditambah 62 personel Polres Kendari langsung melakukan pembangunan rumah dengan dibantu oleh aparat Pemkot Kendari dan masyarakat setempat.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, untuk pembangunan rumah La Ngunggu akan dibangun di atas lahan warga setempat yang ikhlas untuk ditempati.

“Kita masih diskusikan ukurannya berapa, kemungkinan berukuran 4X6 meter, intinya paling tidak bisa lebih layak untuk dihuni,” kata Sulkarnain Kadir saat turun langsung proses pembangunan kakek La Ngunggu, Senin 24 Februaru 2020.

Untuk biaya pembangunan, orang nomor satu di Kota Kendari ini menjelaskan, anggaran pembangunan bersumber dari sumbangan berbagai pihak, yang merasa empati setelah melihat secara langsung potert kehidupan La Ngunggu serba kekurangan.

“Alhamdulillah ada sumbangan dari berbagai pihak, dan berterima kasih bersedia untuk membantu kakek La Ngunggu, karena kalau alokasikan di APBD prosesnya agak lama,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sulkarnain Kadir menyerahkan Kartu Jaminan Kesehatan, Kartu Penduduk dan Kartu keluarga sebagai bentuk bantuan administrasi kepada La Nggugu.

Komandan Kodim 1417 Kendari Alamsyah mengatakan, kegiatan pembangun rumah salah satu bentuk pembinaan teritorial (binter) hingga melahirkan sinergitas TNI (khususnya Kodim 1417/kdi), Kepolisian serta aparat pemerintahan terhadap rakyat.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian aparat (TNI)  terhadap masyarakat kurang mampu yang berada di wilayahnya sehingga outputnya dapat menimbulkan kedekatan antara TNI dan masyarakat. Karna TNI lahir dari rakyat untuk rakyat,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembangunan sepenuhnya berasal dari swadaya aparat TNI, POLRI, Pemkot Kendari dan yayasan lembaga kemanusiaan yang ada di Kota Lulo.

Senada dengan itu, Kasat Binmas Polres Kendari AKP Yusuf Tawang menuturkan, saat ini rangka rumah sudah berdiri. Pekerjaan itu dimulai sejak pagi tadi, ukuran rumah tersebut 5×3 meter.

“Personel Polri yang dilibatkan sebanyak 2 peleton berjumlah 62 orang. Dari Polres Kendari dan Polsek jajaran,” terang  Yusuf Tawang.

Penulis : Haerun dan Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...