BMKG Umumkan Daerah Rawan Banjir di Sultra Kategori Tinggi dan Menengah

695
 

Kendari, Inilahsultra.com โ€“ Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari mengumumkan daftar daerah yang rawan banjir di Sulawesi Tenggara kategori tinggi dan menengah.

Sebanyak tiga kabupaten di Sultra masuk kategori tinggi untuk bahaya banjir. Yakni, Konawe terdapat tiga kecamatan yaitu, Bondoala, Sampara dan Unaaha.

- Advertisement -

Konawe Utara ada enam kecamatan yang rawan banjir. Yakni, Andowia, Asera, Landawe, Langgikima, Oheo dan Wiwirano.

Sementara di Kabupaten Konawe Selatan ada di Kecamatan Mowila.

Sedangkan untuk daerah yang rawan banjir kategori menengah ada 10 kabupaten.

Yakni, Bombana di Kecamatan Rumbia, Buton Selatan di Kecamatan Sampolawa, Buton Utara Kecamatan Bonegunu dan Kolaka Utara di Kecamatan Lasusua.

Selain itu, Konawe di Kecamatan Bondoala, Kapoiala dan Sampara.

Di Kabupaten Konawe Selatan ada Kecamatan Andoolo, Kolono, Konda, Laeya, Lainea, Lalembuu, Laonti, Moramo, Moramo Utara, Palangga, Palangga Selatan dan Tinanggea.

Sedangkan di Kabupaten Konawe Utara yakni Kecamatan Landawe, Langgikima dan Wiwirano.

Kemudian, Kota Baubau ada di Kecamatan Bungi dan Wolio. Di Kota Kendari ada delapan kecamatan dinilai rawan banjir kategori menengah yakni, Baruga, Kadia, Kambu, Kendari, Kendari Barat, Mandonga, Poasia dan Wuawua.

Terakhir adalah Kabupaten Muna terdapat dua kecamatan yang rawan banjir yakni, Katobu dan Parigi.

Prakirawan BMKG Kendari Adi Istiyono menyatakan, saat musim saat ini masyarakat diimbau untuk lebih waspada dari potensi hujan lebat, angin kencang dan guntur yang bisa berdampak pada kejadian banjir, longsor dan bencana hidrometeorologi lainnya.

โ€œAda kenaikan intensitas hujan saat Februari dan Maret,โ€ jelasnya.

Dari data historis BMKG, lanjut dia, hujan dengan intensitas tinggi disebabkan kondisi angin monsun barat yang lebih dominan dan membawa masa udara basah sehingga menyebabkan potensi pembentukan awan hujan cukup signifikan.

โ€œSecara umum hujan di Sultra dari Januari sampai Juli,โ€ tutur Adi dalam keterangan tertulisnya.

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...