Kodam XIV/Hasanuddin Datangkan 40 Koli Bantuan APD di Sultra

514
 

Kendari, Inilahsultra.com – Kodam XIV/Hasanuddin mendatangkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 40 koli dari Gugus Tugas Nasional penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19). APD itu tiba di Sultra, Minggu, 29 Maret 2020 melalui Bandara Lanud Halu Oleo.

Hari ini, Senin 30 Maret 2020, Danrem 143 Halu Oleo Kolonel Infanteri Yustinus Nono Yulianto menyerahkan APD secara simbolis kepada Gubernur Sultra Ali Mazi, bertempat di Aula Sangia Ni Bandera, Rujab Gubernur Sultra, Kota Kendari.

- Advertisement -

“TNI telah mendatangkan bantuan APD sebanyak 40 koli dari Gugus Tugas Nasional dan telah didistibusikan ke Provinsi Sultra melalui Kodam XIV/Hsn,” terang Yustinus.

Bantuan APD 40 koli dari gugus tugas, disalurkan ke Sultra sejak 20 Maret 2020 berjumlah 4 koli, 27 Maret 2020 15 koli dan 29 Maret 2020 21 koli. APD itu untuk pendistribusian ke wilayah disesuaikan dengan faktor kebutuhan dan kondisi masing-masing wilayah.

Senada dengan itu, Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan tentang penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Provinsi Sultra dan APD 40 koli telah diterima. 40 koli dengan masing masing koli berjumlah 50 jadi jumlah keseluruhan adalah 2000 pics.

“APD ini dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Darurat Covid-19 Nasional yang di serahkan kepada Pangdam seluruh Indonesia kemudian dari Pangdam di distribusikan kepada Danrem di masing masing wilayah,’ jelas Ali Mazi.

Ali Mazi berharap, bantuan APD ini dapat bermanfaat dalam penanganan Covid-19 di wilayah Sultra dan Insya Allah Sultra bisa terhindar dari Covid 19,” imbuhnya.

Selain itu, sambung Ali Mazi, dalam waktu dekat Pemprov Sultra akan menerima 10 ribu APD (Masker) bantuan dari Pemerintah Pusat dan akan didistribusikan langsung ke Kabupaten/Kota.

“Untuk pasokan pangan di Sultra masih standby sampai 6 bulan ke depan. Jadi tidak terlalu berpengaruh karena banyak alternatif pangan pengganti beras seperti jagung, singkong dan sagu,” ujarnya.

Terkait penanganan Covid-19, Pemprov Sultra telah menunjuk enam Rumah Sakit. Kabupaten untuk mencover pasien di seluruh wilayah Sultra. Pemprov juga menyiapkan 150 kamar yang tersebar di seluruh wilayah Kendari.

“Gugus tugas Sultra telah menerima rapid tes sebanyak 2400 pics, tanggal 26 Maret dan tanggal 27 Maret 2020. Sebagian telah didistribusikan 876 pics untuk 17 kabupaten/kota,” bebernya.

Saat ini, ada sebagian daerah sudah melaksanakan rapid test, tetapi laporan resmi belum diterima oleh Gugus Tugas Provinsi Sultra.

Untuk diketahui, penyerahan APD secara simbolis dari Danrem 143/HO kepada Gubernur Sultra. Dari Gubernur Sultra kepada Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Provinsi Sultra serta penandatanganan berita acara penyerahan APD.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...