Gugus Tugas Covid-19 Kota Kendari Klaim Tak Ada Tambahan Pasien Positif Corona

1872
 

Kendari, Inilahsultra.com – Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari, dr. Alghazali Amirullah menegaskan, sampai pada Minggu 5 April 2020 tidak ada tambahan pasien positif corona di kota bertaqwa.

Ia mengklaim, sampai saat ini terkonfirmasi baru tiga warga Kota Kendari dinyatakan positif Covid-19, yaitu dua warga Baruga dan satu warga Kambu yang dinyatakan sembuh.

- Advertisement -

“Kita sampaikan baru tiga warga Kota Kendari terkonfirmasi Covid-19 positif. Satu warga Kambu sudah sembuh dan dari Baruga sedang menjalani isolasi dan perawatan medis di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas,” kata dr. Alghazali Amirullah dalam acara konferensi pers di Rujab Wali Kota Kendari, Minggu 5 April 2020.

Untuk mengetahui seseorang positif Covid-19, kata dia, harus melalui tes swab, dan tidak asal mendiagnosis seseorang tanpa melalui pemeriksaan, serta hasilnya tidak bisa langsung diketahui pada saat tes.

“Kita harus membutuhkan waktu dua hari agar dapat mengetahui hasilnya, karena kita dikirim ke Balai Laboratorium Makassar, Sulawesi Selatan untuk mengetahui hasilnya negatif atau positif corona,” ujarnya.

Terkait, beredar video di media sosial (medsos) salah seorang warga membuat pengumuman disampaikan langsung melalui toa masjid, dalam video berdurasi 2 menit 18 detik menginformasikan bahwa ada satu warga Punggaloba, Kecamatan Kendari Barat positif corona virus.

“Tim satgas tugas Covid-19 langsung ke lokasi untuk melakukan observasi dan penanganan lebih lanjut,” ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kendari ini.

Di tempat yang sama, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, dr. Sukirman mengatakan, hasil pemeriksaan swab 100 persen terpercaya dari pada hasil rapid test.

“Rapid test corona hanya bisa digunakan sebagai screaning atau penyaringan awal. Sementara untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19, hasil pemeriksaan swab yang digunakan,” tutupnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra La Ode Rabiul Awal menyebut, ada tambahan satu kasus baru virus corona di Kota Kendari.

Saat ini pasien tersebut tengah diisolasi di RSU Bahteramas Kendari.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...