Bupati Butur Serahkan BLT Desa Labulanda

465
 

Buranga, Inilahsultra.com – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Labulanda Kecamatan Kulisusu Barat (Kulbar) secara simbolis kepada warga, Rabu 13 Mei 2020.

Abu Hasan mengatakan, yang mendapatkan BLT ini tidak akan mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos), termasuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). BLT ini bersumber dari Dana Desa (DD).

- Advertisement -

“Rp 600 Ribu perbulan, selama 3 bulan,” kata Abu Hasan.

Namun, mereka yang mendapatkan BLT DD, lanjut Abu Hasan, masih bisa mendapatkan bantuan sembako dari Pemprov Sultra dan Pemkab Butur.

“Kita harus bersyukur. Sekecil apapun bantuan yang kita dapat harus kita syukuri. Kita harus berterima kasih agar nikmat itu bertambah terus,” tuturnya.

Kepala Desa Labulanda Aswan, S.Pi mengatakan, warga yang menerima BLT DD pada umumnya belum pernah menerima bantuan sama sekali. Mereka adalah warga yang terdampak Covid-19 karena aktifitasnya terganggu.

“BLT DD ini Rp 600 Ribu per KK (Kepala Keluarga) sesuai instruksi Presiden,” ungkapnya.

Dia merinci, total warga yang menerima BLT DD sebanyak 92 Kepala Keluarga (KK) dari total 172 KK Desa Labulanda.

“Yang dapat BLT DD ini tidak masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) termasuk tidak mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” terang Aswan.

Selain BLT DD, nantinya ada juga BLT Dinsos. Jumlah penerima manfaat sebanyak 22 KK.

“PKH yang menerima 38 KK, sudah termasuk dengan 3 KK penerima BPNT,” rincinya.

Sementara, lanjut Aswan, ada juga warga yang tidak mendapatkan bantuan sama sekali karena berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri. Jumlahnya 6 KK.

Selanjutnya, aparat desa sebanyak 7 KK, dan 2 KK belum berkeluarga karena masih bergabung dengan orang tuanya.

“Mereka tidak mendapatkan bantuan juga,” tuturnya.

Selain itu, ada juga 2 KK masuk kategori keluarga sejahtera sehingga menolak menerima bantuan. Termasuk ada juga 2 KK belum terkonfirmasi karena pindah domisili namun belum secara resmi.

“Saya sudah perintahkan juga aparat desa untuk cari,” tutupnya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...