DPRD dan TAPD Kota Kendari Kembali Sepakati Anggaran Corona Rp 51 Miliar

797
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menggelar rapat terkait penanganan dan realokasi anggaran yang Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah kota sebelumnya, Rabu 20 Mei 2020.

“Rapat pertama TAPD bersama DPRD anggaran yang kita sepakati Rp 66 miliar, tapi setelah dikaji dan disesuaikan tinggal Rp 51 miliar sekian  anggaran penanganan Covid-19. Ini sudah menjadi kesepakatan kita bersama,” kata Ketua DPRD Kota Kendari Subhan.

- Advertisement -

Kata Subhan, ini dilakukana karena Kota Kendari salah satu daerah belum disalurkan dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah pusat.

Selain itu, ada kebijakan pemerintah pusat tentang pemotongan realokasi sebagai bentuk tindak lanjut untuk memenuhi Surat Keputusan Bersama (SKB) dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 35 tahun 2020, dalam aturan tersebut menjelaskan realokasi dan refocusing belanja barang dan jasa minimal 50 persen sebagai syarat pencairan dana alokasi umum (DAU) 35 persen.

“Karena belum tercapai angka tersebu dan Insya-Allah hari ini kita sudah mencapainya dengan melakukan perbaikan dan perubahan ini, Insya-Allah Kota Kendari dapat dilakukan transfer DAU dari pemerintah pusat dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Pengalokasian anggaran ini, kata Subhan, pendapatan asli daerah (PAD) menjadi tolak ukurnya, karena bagaimanapun juga kalau PAD tidak maksimal harus disesuaikan.

Lanjut Subhan, semua anggaran dipotong dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Kendari dan pasarannya mencapai Rp 321 miliar lebih realokasi anggaran yang dilakukan Pemkot terhadap refocusing anggaran yang sudah direalokasi.

Secara otomatis dari APBD Kota Kendari sekitar Rp 1,6 triliun tinggal Rp 1,2 triliun sekian, karena anggaran setelah perubahan dan proses refocusing antara realokasi anggaran.

“Hal ini kita lakukan dan gunakan sebagai penanganan pandemi Covid-19 seperti jaring pengaman sosial dan pemulihan perekonomian di Kota Kendari,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...