Hasil Rapid Test, 220 Penumpang Kapal Malam dan Kapal Cepat Negatif Corona

1065
 

Kendari, Inilahsultra com – Tim gabungan yang terdiri dari Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Kendari, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari, Polsek Kesatuan Pelaksanaan pengamanan pelabuhan (KP3) Kendari, TNI, dan Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan rapid test kepada penumpang kapal malam.

Kegiatan rapid test dilakukan di dua tempat berbeda, yakni di Pelabuhan Pangkalan Perahu Kendari pada Selasa 19 Mei pukul 19.00 WITa.

- Advertisement -

Bagi warga yang akan berangkat dengan kapal malam Tim Gugus Tugas meyiapkan pemeriksaan rapid tes Covid-19 secara gratis bagi 100 orang calon penumpang di terminal pangkalan perahu Kendari.

“100 orang penumpang KM Agil Pratama 04 Tujuan Raha yang dirapid test Covid-19 tadi malam hasilnya semua non reaktif atau negatif,” kata Kepala KSOP kelas II Kendari, Benyamin Ginting.

Kemudian, di Pelabuhan Nusantara Kendari, Rabu 20 Mei 2020 pukul 08.00 WITa sebanyak 120 penumpang Bahari 5 Express menjalani rapid test.

“Hasil pemeriksaan 120 orang yang dirapid test, alhamdulillah hasil semuanya nonreaktif atau negatif,” jelasnya.

Sebelum mendapatkan tiket, kata dia, penumpang wajib mengikuti rapid test yang disiapkan oleh tim gabungan petugas kesehatan di pelabuhan.

“Mereka harus ikut rapid test dulu sebelum beli tiket, kalau tidak ada bukti itu maka tidak mendapatkan tiket,” jelasnya.

Kemudian, setiap penumpang, kata dia, wajib memliki identitas diri KTP, SIM atau lainnya yang akan diperiksa, surat keterangan bebas Covid-19 atau surat keterangan berbadan sehat dan surat tugas bagi ASN, TNI/Polri maupun pegawai lainnya.

“Bagi penumpang yang memenuhi syarat maka akan dilengkapi stempel Covid-19 ditangannya untuk masuk dalam kapal,” jelasnya.

Apabila ditemukan calon penumpang yang hasilnya reaktif maka tidak diizinkan untuk menyebrang. Selanjutnya penumpang tersebut diamankan dan akan ditangani oleh tim medis lebih lanjut.

“Yang jelasnya, kalau ada calon penumpang yang hasilnya reaktif kita tidak perkenankan untuk melakukan penyeberangan,” ujarnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...