Pengoperasian Kapal Feri di Busel Tunggu Subsidi Kemenhub

527
 

Batauga, Inilahsultra.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerbitkan surat persetujuan sementara pengoperasian kapal angkutan penyebaran atau feri di Kabupaten Buton Selatan (Busel), Jumat 10 Juli 2020.

Kapal angkutan penyeberangan ini adalah KMP Inerie milik PT ASDP Indonesia Ferry. Kapal Feri ini nantinya akan beroperasi di Busel kepulauan yakni Kadatua dan Siompu. Adapun rutenya, Baubau-Kadatua-Siompu.

- Advertisement -

Bupati Busel H La Ode Arusani menuturkan, dengan beroperasinya angkutan penyeberangan ini, dapat meningkatkan mobilitas dan perekonomian masyarakat di dua pulau tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Busel Erik Oktora Hibali mengaku, sangat bersyukur dengan adanya surat persetujuan pengoperasian kapal Feri tersebut.

Kendati demikian, kapal Feri tersebut belum bisa langsung beroperasi karena harus menunggu subsidi pelayaran dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Kata dia, pihaknya menunggu subsidi Kemenhub karena rute Baubau-Kadatua-Siompu merupakan lintasan perintis. Seandainya lintasan komersil, lanjut Erik, pasti langsung beroperasi.

“Kita lagi upayakan, mudah-mudahan tahun ini Kemenhub memberikan tambahan subsidi agar tahun ini juga bisa beroperasi secara permanen. Yang penting sudah ada surat persetujuan operasi,” tandas Erik via telepon selularnya kepada Inilahsultra.com.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...