Mahasiswa KKN Tematik UHO Lakukan Pencegahan Covid-19 di Butur

816
 

Buranga, Inilahsultra.com – Mahasiswa Universitas Haluoleo (UHO) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Desa Loji Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur), Jumat 17 Juni 2020.

Kegiatan yang bertema ‘Penguatan Peran Warga Masyarakat Dalam Mitigasi dan Adaptasi Wabah Covid-19 di Kabupaten Buton Utara’ diikuti 27 mahasiswa dari berbagai fakultas di UHO.

- Advertisement -

KKN Tematik ini dipimpin langsung dosen Fakultas Farmasi UHO, Aris Satinah, S.Si, M.Sc dan Munasari Solo, S.Farm, M.Si.

KKN Tematik UHO tahun 2020 mengambil tema sesuai dengan kondisi yang tengah dihadapi masyarakat saat ini. Sehingga mahasiswa dapat ikut berperan serta dalam mengatasi wabah Covid-19 khususnya di Kabupaten Butur.

Untuk memantapkan kegiatan ini dilakukan pembekalan peserta KKN Tematik Tahun 2020 secara virtual, Sabtu 6 Juli 2020.

Aris Satinah mengatakan, kegiatan KKN Tematik berbasis online pertama kali dilakukan mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang tengah dihadapi.

Dalam melaksanakan kegiatan, peserta KKN dibagi menjadi 5 tim yaitu Tim GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), Tim PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Tim GEMAS (Gerakan Masyarakat Menggunakan Masker), Tim TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan Tim ADES (Antiseptik dan Desinfektan).

“Masing-masing tim memiliki kegiatan yang meliputi sosialisasi tentang gerakan masyarakat hidup sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, penggunaan masker, pemanfaatan tanaman obat keluarga dan penggunaan antiseptik serta desinfektan,” ungkap Aris.

Aris Sartinah mengatakan, pada pelaksanaan, sosialisasi ini mengandalkan platform dari media sosial online seperti Whastapp dan Instagram.

“Kegiatan ini mahasiswa menjalankan rencana mitigasi yang telah disusun di tengah keterbatasan pandemi dalam mengedukasi masyarakat untuk tanggap terhadap pencegahan Covid-19,” sambungnya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan secara langsung dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti penyebaran leaflet, pembagian masker, antiseptik dan Virgin Coconut Oil (VCO). Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan dari awal Juni hingga awal Juli 2020.

“Saya harap Dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat memahami pencegahan wabah Covid-19 dan dapat lebih beradaptasi dengan situasi pandemi saat ini,” tutupnya.

Kepala Desa Loji Martono, SH menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan sukses.

Reporter: Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
5
Komentar
loading...