Dirut RSUD Baubau: Seluruh Pasien Harus Patuhi SOP

384
dr Nuraeni Djawa

Baubau, Inilahsultra.com – Pasien yang hendak berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau tetap mendapatkan perlakuan sama sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Direktur RSUD Baubau, dr Nuraeni Djawa menuturkan, ditengah pandemi virus Corona ini ada beberapa SOP yang diberlakukan terutama bagi pasien yang hendak berobat.

- Advertisement -

Namun, lanjut dia, jika pasien yang datang berobat dalam keadaan kritis dan segera mendapatkan pelayanan maka pihaknya segera melakukan tindakan.

“Jadi ada SOP tersendiri untuk pasien kritis. Kita langsung tindaki,” tuturnya saat di temui di Kantor Bappeda Baubau, Selasa 11 Agustus 2020.

Jika, sambung dia, pasien tersebut tidak mengalami kritis, otomatis harus menjalani skrining awal dulu, karena itu SOP di tengah pandemi ini.

Dia menjelaskan, SOP untuk pelayanan pasien ditengah pandemi ini harus melalui skrining dulu untuk menentukan pasien tersebut reaktif rapid test atau tidak.

“Jadi skrining awal di tenda itu bukan berarti pasien tersebut sudah dikatakan corona. Karena bukan kami yang menentukan seorang pasien itu terinfeksi virus corona,” tukasnya.

Dia menambahkan, penanganan pasien reaktif dan non reaktif mempunyai jalur yang berbeda. Salah satunya, perbedaan ruangan pelayanan.

“Intinya kalau ada pasien kritis langsung ditindaki, sesuai urgensi kritisnya seperti apa. Urusan skrining itu nanti menyusul yang penting kita tangani dulu kritisnya,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...