Daftar di KPU Butur, Rekomendasi Golkar ke RIDA Klir

672
 

Buranga, Inilahsultra.com – Pasangan Ridwan Zakariah-Ahali (RIDA) resmi mendaftarkan diri ke KPU Buton Utara (Butur), Minggu 6 September 2020. Menariknya, pasangan RIDA ikut membawa B1KWK dari Partai Golkar.

Selain Partai Golkar, RIDA juga mengantongi rekomendasi dari PAN dan Partai Demokrat.

- Advertisement -

Dukungan Partai Golkar pada Pilkada Butur sempat tarik-menarik. Partai Golkar sebelumnya sempat memberikan dukungan ke pasangan Aswadi Adam-Fahrul Muhammad (ASRUL).

Dukungan itu diperlihatkan dengan memberikan surat tugas kepada pasangan ASRUL. Bahkan Aswadi Adam sempat melakukan road show enam kecamatan di Kabupaten Buton Utara bersama Partai Golkar.

Belakangan, dukungan ke ASRUL ditarik. Partai besutan Airlangga Hartarto itu memberikan Surat Keputusan dukungan ke pasangan Ridwan Zakariah-Ahali (RIDA). Hingga terbitnya B1KWK tertanggal 28 Agustus 2020 yang digunakan untuk mendaftar ke KPU.

Dukungan kepada pasangan RIDA sempat membuat DPD II Partai Golkar Butur bergejolak. Sejumlah pengurus DPD II melakukan penolakan dan melawan keputusan DPP Partai Golkar.

Selain pasangan RIDA, pasangan ASRUL juga ikut mendaftar di KPU Butur hari ini.

ASRUL membawa rekomendasi dari PKB, PKPI, PKS, dan Partai Gerindra.

Komisioner KPU Butur M Sairman Sahadia mengatakan, berkas dua pasangan calon yang mendaftar hari ini, RIDA dan ASRUL, lengkap.

“Syarat pencalonannya lengkap, dan syarat calonnya lengkap,” kata Sairman saat dihubungi via telepon selularnya, Minggu malam 6 September 2020.

Menurut Sairman, rekomendasi Partai Golkar yang diberikan pasangan RIDA tidak ada masalah. Pernyataan dukungan Partai Golkar ditandatangani oleh Ketua DPD II Partai Golkar Butur Sujono dan Sekretaris Ikhwan Karmawan.

Diketahui, keduanya merupakan Ketua dan Sekretaris hasil Musda DPD II Partai Golkar Butur pada 28 Agustus 2020 lalu.

“(Rekomendasi Partai Golkar) tidak ada masalah. Ketuanya kan Sujono dan Sekretaris Ikhwan Karmawan,” tutur Sairman.

Sairman mengungkapkan, selain pasangan RIDA, tidak ada pasangan calon lain yang membawa B1KWK Partai Golkar.

Usai pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Butur, lanjut Sairman, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan calon di Rumah Sakit Bahteramas Kendari. Berdasarkan informasi dari LO pasangan calon, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pada tanggal 7 September 2020.

“Kemungkinan berdasarkan informasi dari LO, semua pasangan calon itu untuk Buton Utara sepertinya semuanya besok (Senin, 7 September 2020) sudah mau lakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Bahteramas,” ujarnya.

Sairman berharap, pemeriksaan kesehatan seluruh pasangan calon yang telah diberikan surat pengantar dari KPU Butur disegerakan. Pasalnya, jadwal pemeriksaan kesehatan singkat.

“Sesuai tahapan itu, jadwal pemeriksaan kesehatan itu tanggal 4 sampai 11 September 2020,” jelasnya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...