Kemenhub Siapkan Rp 123 Miliar Bangun Pelabuhan Feri Siompu dan Kadatua Busel

1488
 

Batauga, Inilahsultra.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP) Marwanto Heru Santoso meninjau pembangunan Pelabuhan Feri Siompu dan Kadatua Kabupaten Buton Selatan (Busel), Senin 7 September 2020.

Kedatangan Direktur TSDP Kemenhub ini didampingi Kepala Balai Transportasi Darat Beni Nurdin, Sekretaris Dinas Perhubungan Sultra La Ode Temu, Kepala Syahbandar Baubau Pradigdo dan General Manager ASDP Baubau Suharto.

- Advertisement -

Bupati Busel, H La Ode Arusani mengucap syukur atas perhatian jajaran Kemenhub dan mau meninjau persiapan pembangunan tahap II Pelabuhan Feri Siompu dan Kadatua ini.

“Pelabuhan Feri Siompu dan Kadatua diharapkan akan membuka akses mobilitas masyarakat dan meningkatkan roda perekonomian di Pulau Siompu dan Kadatua diberbagai sektor Pariwisata, Perdagangan, UMKM dan sektor lainnya. Selain itu juga untuk mendukung fasilitas Bandara Kargo di Kadatua,” ucap Arusani.

Orang nomor satu di daerah syiar Islam pertama di tanah Buton ini menambahkan, pihaknya kedepan akan mengusulkan pembangunan dermaga di Kecamatan Siompu Barat.

“Lokasi sudah siap, karena daerah tersebut merupakan lalu lintas kapal-kapal atau di kenal dengan ALQ3 yang dapat menjadi tempat pengisian air dan BBM bagi kapal dari barat ke timur, ini menghemat biaya dibandingkan harus memutar ke Pelabuhan Makassar,” imbuhnya.

Direktur TSDP Kemenhub Marwanto Heru Santoso mengatakan, Pelabuhan Feri Siompu dan Kadatua akan dilanjutkan ke pembangunan tahap dua yang peletakkan batu pertamanya akan dilakukan dalam waktu dekat bersamaan dengan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang akan dipusatkan di Busel.

“Anggaran untuk dua dermaga ini sebesar Rp 123 miliar yang bersumber dari APBN. Kami sangat mengapresiasi Bupati Busel yang terus gigih memperjuangkan daerahnya terutama di sektor perhubungan,” ujar pria yang dilantik sebagai Direktur TSDP Kemenhub pada Juli lalu itu.

Kepala Dinas Perhubungan Busel Erick Oktora Hibali menambahkan, Feri Baubau-Kadatua-Siompu akan resmi beroperasi secara efektif pada bulan September ini setiap hari dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Khusus Kecamatan Kadatua sudah dapat memobilisasi kendaraan roda 2 dan empat dengan menggunakan pelabuhan lencengan sementara di Dermaga Desa Kapoa. Sedangkan Siompu menunggu penyerahan Pelabuhan Siompu dari Kemenhub kepada pemerintah daerah selanjutnya akan dibangun pelabuhan sementara untuk berlabuh,” tandas Erick.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...