KPU Belum Lakukan Proses PAw Dua Anggota DPRD Sultra Maju Pilkada

775
 

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) belum melakukan proses Penggantian Antarwaktu (PAw) dua anggota DPRD Provinsi Sultra, yakni Muh Endang SA dan Rasyid yang maju Pilkada serentak Desember 2020 mendatang.

“Untuk proses PAW dua anggota DPRD Sultra yang maju di Pilkada serentak belum kita lakukan, karena belum ada surat dari DPRD Sultra permintaan PAw berdasarkan hasil Pilcaleg 2019 lalu,” ujar anggota KPU Sultra Iwan Rompo, Jumat 11 September 2020.

- Advertisement -

Koordinator Divisi Teknis KPU Sultra ini menjelaskan, proses PAw bagi anggota DPRD telah diatur dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Penggantian Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

“Terkait siapa yang akan menggantikan dua anggota DPRD Sultra dari Partai Demokrat dan PKS di Dapil Konsel-Bombana itu akan dilihat setelah ada permintaan dari DPRD Sultra,” jelasnya.

Untuk diketahui, Wakil Ketua DPRD Sultra Muhammad Endang dan Anggota DPRD Sultra Rasyid dipastikan maju Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Majunya politikus Demokrat dan PKS di pilkada serentak tersebut, maka jabatan yang diamanahkan oleh rakyat harus ditinggalkan dan digantikan oleh calon anggota DPRD dari Dapil yang sama dengan suara terbanyak kedua.

Kedua wakil rakyat dari daerah pemilihan Sultra II yang meliputi Konsel-Bombana bakal mundur dari keanggotaannya di DPRD setelah ditetapkan sebagai calon Bupati dan calon Wakil Bupati Konsel.

Muhammad Endang SA maju sebagai calon Bupati Konsel berpasangan dengan Wahyu Ade Pratama Imran. Sementara Rasyid maju sebagai calon wakil Bupati Konsel mendampingi petahana Surunuddin Dangga.

Kedua anggota DPRD Sultra ini juga sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati dan wakil Bupati Konsel pada 4 September 2020 lalu dan juga telah melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan dan psikologi di Rumah Sakit Bahteramas.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...