Ditetapkan Waktu Berbeda, Rusman Dapat Nomor Urut Satu dan Rajiun Nomor Dua

2019
 

Kendari, Inilahsultra.com – Berdasarkan tahapan, program dan jadwal, penetapan pasangan calon di Pilkada 2020 digelar 23 September 2020.

Namun, khusus di Pilkada Muna, hanya pasangan LM Rusman Emba-Bachrun Labuta yang akan ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah pada tahapan normal Pilkada 2020.

- Advertisement -

Sementara pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili nanti akan ditetapkan pada 1 Oktober 2020 berhubung Rajiun sempat diundur tahapan pemeriksaan kesehatannya karena sebelumnya dinyatakan terinfeksi virus corona.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara La Ode Abdul Natsir Moethalib menyebut, jika LM Rusman Emba-Bachrun Labuta telah memenuhi syarat pencalonan maupun syarat calon akan ditetapkan pada 23 September 2020.

“Kalau pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili sementara masih menjalani tahapan tes kesehatan. Mereka dijadwalkan penetapannya pada 1 Oktober 2020,” jelas La Ode Abdul Natsir Moethalib, Senin 21 September 2020.

Natsir menyebut, pasangan Rusman-Bachrun termasuk bakal calon lainnya telah menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan sejak 4 September sampai 12 September 2020.

Pemeriksaan kesehatan itu berupa kesehatan jasmani yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra, pemeriksaan kesehatan rohani atau psikologi dilakukan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sultra dan bebas dari penyalahgunaan narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Sultra. Seluruh pemeriksaan kesehatan dipusatkan di RS Bahteramas selaku rumah sakit yang ditunjuk oleh KPU.

Seluruh hasil pemeriksaan kesehatan, di luar pasangan bakal calon LM Rajiun Tumada-La Pili, telah diserahkan oleh tim pemeriksa kesehatan ke KPU Sultra dan sudah diteruskan kepada KPU kabupaten yang menggelar Pilkada 2020. Seluruh pasangan calon juga telah selesai verifikasi syarat calon maupun pencalonannya dan tinggal ditetapkan pada 23 September 2020.

Terhadap Rajiun Tumada-La Pili, KPU menjadwalkan pemeriksaan kesehatan pada 16 September sampai 20 September 2020.

Sejauh ini, pasangan berakronim RAPI ini telah menjalani rangkaian tes kesehatan. Hasil tes kesehatan mereka telah diserahkan oleh tim kesehatan pada 21 September 2020 ke KPU.

Setelah tahapan tes kesehatan dilalui, pasangan RAPI akan menjalani verifikasi syarat calon, perbaikan syarat hingga penetapan pada 1 Oktober 2020.

“Jadi, penetapannya akan berbeda waktunya,” bebernya.

Pria yang disapa Ojo juga ini menyebut, dengan berbedanya waktu penetapan, maka nomor urut juga sudah dipastikan di awal. Rusman mendapatkan nomor urut satu pada saat pencabutan nomor urut 24 September 2020.

“Kalau Rajiun-La Pili nomor urut dua. Dia akan ditetapkan pada 1 Oktober 2020 sekaligus diserahkan SK penetapan nomor urut dua,” imbuhnya.

Ia juga menyebut, sebelum masuk pada tahapan kampanye, calon diwajibkan untuk menyerahkan laporan awal dana kampanye. Hal ini berlaku wajib kepada semua calon.

Penulis : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...