Gubernur Wajibkan Rapid Test Pelaku Perjalanan Antar-Daerah di Sultra

976
 

Kendari, Inilahsultra.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan Surat Edaran Nomor : 443/4722 tentang Pencegahan dan Pemutusan Penyebaran Mata Rantai Covid-19.

Surat tersebut, ditanda tangani langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi dan berlaku sejak dikeluarkan dan ditujukan kepada para Bupati/Wali Kota se Sultra masing-masing.

- Advertisement -

Mencermati peningkatan kasus Covid-19 secara signifikan di Sultra terutama pada bulan September 2020 ini, terjadi penambahan kasus terkonfirmasi terpapar Covid-19 sebesar 40-50 kasus per hari.

Penyebaran tersebut terjadi di seluruh Kabupaten dan Kota di Sultra dan sudah merubah pada klaster perkantoran keluarga dan tenaga kesehatan. Sehingga perlu diambil langkah-langkah konkrit untuk memutus rantai penularan dan menekan penyebaran berbagai klaster.

Dalam surat tersebut ada enam poin yang tertuang untuk dilaksanakan dan dipatuhi.

Pertama, agar pemerintah kabupaten atau kota menganggarakan pengadaan alat polymerase chain reaction (PCR) beserta kelengkapannya pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, kegiatan dimaksud akan dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara pada saat pengajuan Raperda APBD perubahan T.A. 2020.

Kedua, mewajibkan tenaga kesehatan dan tenaga lainnya menggunakan APD sesuai standar pada saat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ketiga, seluruh tenaga kesehatan maupun non kesehatan yang kontak erat dengan kasus terkonfirmasi wajib menjalani pemeriksaan swab.

Keempat, bagi pelaku perjalanan antarprovinsi dan antardaerah kabupaten kota se-Sultra wajib menunjukkan hasil pemeriksaan rapid test yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang (dokter).

Kelima, kepada penegak hukum untuk melaksanakan peran mengawal penerapan disiplin protokol kesehatan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Keenam, agar melaporkan pelaksanaan dan pemutusan mata rantai Covid-19 kepada Gubernur Sulawesi Tenggara mulai Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra.

Penulis : Acung

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...