Bawaslu Butur Disomasi Pasangan Calon

695
 

Buranga, Inilahsultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Utara (Butur) disomasi oleh salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Butur.

Hal itu diungkap Ketua Bawaslu Butur Hazamuddin saat pembukaan Rapat Koordinasi Produk Hukum Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara tahun 2020 di Aula Hotel Saraea, Rabu 21 Oktober 2020.

- Advertisement -

Meski begitu, Hazamuddin tidak menyebutkan secara rinci somasi yang dilakukan salah satu pasangan calon tersebut.

“Tiga hari lalu kami di somasi oleh salah satu pasangan calon. Dan kita sudah jawab somasi tersebut sesuai waktu yang diberikan 3×24 jam,” katanya.

Hazamuddin mengaku, cukup gembira dengan adanya somasi tersebut. Hal itu merupakan pelajaran bagi seluruh panitia pengawas Pemilu.

Perjalanan Pilkada Butur kali ini, lanjut Hazamuddin, prosesnya berjalan cukup kondusif dibanding daerah lainnya.

Selama ini, tambah dia, seluruh imbauan yang diberikan Bawaslu Butur dijalankan dengan baik oleh seluruh pasangan calon. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Hazamuddin menyebutkan, saat ini Bawaslu Butur sudah memberikan 10 peringatan untuk semua pasangan calon. Selain itu, sudah 33 pelanggaran yang diproses Bawaslu.

Pelanggaran itu, 31 merupakan temuan Bawaslu dan 2 laporan masyarakat.

“Makanya kami menilai sangat perlu untuk sosialisasi produk hukum ini. Kurangnya laporan masyarakat selama ini mungkin karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Makanya kita lakukan ini supaya kita mendorong agar masyarakat melaporkan kalau ada pelanggaran,” tandasnya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...