Masa Pandemi Covid-19, Pembangunan RKB di Buteng Tetap Berjalan

846
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Pandemi Covid-19 belum berakhir. Namun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terus melakukan pembangunan Ruang Kelas Belajar (RKB) baru maupun rehabilitasi gedung sekolah yang saat ini tetap jalan.

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Buteng Abdullah mengatakan, anggaran sektor pendidikan tidak terkena imbas pengurangan akibat dampak Covid-19.

- Advertisement -

Rehabilitasi sekolah di Buteng, lanjut dia, terdapat di beberapa titik. Namun yang paling mendesak untuk pembangunan kelas baru maupun rehabilitasi yakni SMP di wilayah Kecamatan Mawasangka.

“Ada SMP di Mawasangka siswanya banyak sementara bangunannya sudah tidak layak. Sekarang pembangunan sudah mencapai 40 persen dengan konstruksi dua lantai. Ini sekolah pertama dengan dua lantai di Buteng,” katanya, Jumat 23 Oktober 2020.

Rehabilitasi sekolah, terang dia, dianggarkan senilai Rp 15 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Anggaran ini dikelola langsung kepala sekolah secara swakelola.

Anggaran ini diperuntukan untuk rehabilitasi perpustakaan, kantor, ruang kelas belajar (RKB), maupun sanitasi. Hal ini menjadi prioritas.

“Disamping kualitas guru di tingkatkan, yang paling penting juga itu sarananya supaya siswa belajar dengan nyaman,” paparnya.

Meski pembanguna RKB menjadi prioritas, pihaknya juga tetap meminta kepala sekolah agar anggaran yang ada di sekolah juga digunakan untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD) baik untuk siswa maupun untuk guru.

“APD seperti masker dan alat cuci tangan di sekolah,” bebernya.

Ia berharap, setiap kegiatan di sekolah harus mematuhi protokol kesehatan dan menjalankan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak saat berada di lingkup sekolah agar angka penyebaram Covid-19 bisa ditekan. (ADS)

Reporter: LM Arianto

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...