Bupati Minta Parabela Doakan Busel Aman Dari Covid-19

641
 

Batauga, Inilahsultra.com – Bupati Buton Selatan (Busel) H La Ode Arusani menyerahkan bantuan baju adat kepada perangkat lembaga adat (Parabela), Rabu 28 Oktober 2020.

Penyerahan yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini bagi personil lembaga adat di tiga Kecamatan yaitu Lapandewa, Sampolawa dan Batauga yang belum menerima pada tahun 2019 lalu.

- Advertisement -

“Jadi saya minta Parabela dan perangkatnya untuk tidak berhenti, senantiasa berdoa kepada Allah SWT demi melindungi negeri kita ini dari wabah Covid-19. Untuk saat ini wilayah kita hampir tidak ada lagi yang terpapar Covid-19,” tutur Bupati Busel H La Ode Arusani.

Orang nomor satu di Busel ini mengatakan, bantuan-bantuan untuk lembaga adat merupakan perhatian Pemkab Busel demi mempertahankan adat-istiadat dan budaya di daerah syiar Islam pertama di tanah Buton ini.

“Kita akan terus memberikan perhatian kepada Lembaga Adat (Sara) dengan merehabilitasi/membangun Baruga serta memberikan bantuan peralatan musik, sound sistem dan kebutuhan adat lainnya,” ujarnya.

Jika perlu, tambah Arusani, Parabela melakukan studi banding ke desa wisata yang memiliki kearifan lokal dan kelestarian lembaga adat, untuk meningkatkan sinergi dan pengetahuan personil adat.

“Studi banding ini adalah upaya mendorong potensi pariwisata masyarakat adat di daerah kita dan jika memungkinkan diadakan dengan mobil operasional bagi lembaga adat untuk memudahkan mobilitas dan kegiatannya di tahun anggaran 2021,” tandasnya.

Sementara itu, Kelapa Dinas Kebudayaan Busel Ali Rosdin menambahkan, pihaknya sebenarnya telah memprogramkan beberapa kegiatan di tahun 2020 ini.

“Namun akibat wabah Covid-19 kegiatan tersebut ada yang direfokusing untuk penanganan dampak wabah Covid-19 di wilayah Busel,” tandas Ali. (ADS)

Reporter: Muhammad Yasir

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...