Covid-19 Tak Halangi Desa di Busel Ciptakan Produk Lokal yang Diminati Banyak Kalangan

532
 

Batauga, Inilahsultra.com – Covid-19 yang telah mengguncang dunia termasuk Indonesia masih belum berakhir. Namun dibalik wabah ini, ada masyarakat yang tidak ingin larut dalam keterpurukan dan memanfaatkan situasi untuk meningkatkan produktivitas.

Peningkatan produktivitas ini datang dari Desa Lampanairi Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan (Busel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

- Advertisement -

Melalui BUMDes Mandiri Sejahtera, desa di daerah syiar Islam pertama di tanah Buton ini berkreasi melakukan kerja yang melibatkan warga desa menciptakan produk lokal unggulan dan mempromosikannya.

Alhasil, Desa Lampanairi masuk dalam 125 Desa Brilian yang dirilis oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), karena program-program BUMDesnya.

Salah satu produk lokal unggulan yang santer adalah industri Tepung Mocaf dan Snack Stick Mocaf (makanan ringan) yang bahan bakunya berasal dari ubi kayu.

Kepala Desa (Kades) Lampanairi La Ode Syarifudin mengakui ide pembuatan Tepung Mocaf dan Stick Mocaf ini sudah lama dan jauh sebelum menjadi seorang Kades.

“Setelah saya jadi Kades, maka saya jadikan produk unggulan desa melalui BUMDes yang melibatkan warga dengan tujuan peningkatan ekonomi kerakyatan di desa,” tuturnya kepada Inilahsultra.com, Kamis 5 November 2020.

Meski belum di produksi besar-besaran dan dipasarkan secara massal, namun Tepung Mocaf dan Stick Mocaf berbahan baku ubi kayu ini promosinya sudah sampai Kalimantan.

“Mendominasi dipasaran. Produk ini sangat diminati, bahkan sampai di kalangan atas,” ujarnya.

Produk lokal unggulan Desa Lampanairi ini juga mendapatkan apresiasi dari anggota DPD/MPR RI Wa Ode Rabia Al Adawia saat berkunjung beberapa hari lalu. Menurutnya, Desa Lampanairi adalah salah satu desa yang tidak kehabisan orang-orang kreatif meskipun di situasi Covid-19.

“Ketika saya bersilaturahmi, saya dibawakan sample hasil produksi BUMDes Mandiri Sejahtera berupa Tepung Mocaf dan makanan ringan berupa Stick Mocaf yang rasanya luar biasa,” ucapnya.

Senator asal Sultra ini merasa bangga karena masih ada seorang kepala desa yang mampu menaruh harapan akan kemakmuran desanya.

“Ide cemerlang dari seorang pemimpin desa yang visioner, semoga akan mengangkat perekonomian desa dengan mengandalkan produk lokal mereka,” tandasnya. (ADS)

Reporter: Muhammad Yasir

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...