Gubernur Ali Mazi Hadiri Upacara HUT Brimob ke-75 di Polda Sultra

329
Gubernur Sultra Ali Mazi saat menghadiri perayaan HUT Brimob ke 75 di Polda Sultra, Sabtu 14 November 2020.

Kendari, Inilahsultra.com – Kepolisian daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Korps Brigade Mobil Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korps Brimob Polri) di Aula Dachara, Sabtu 14 November 2020.

Upacara Virtual dilaksanakan secara langsung dari Mabes Polri yang dipimpin oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Idham Azis, M.Si, diikuti Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya SH, Waka Polda Brigjen Pol Waris Agono. Acara ini digelar dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

- Advertisement -

Dalam acara tersebut, turut hadir Gubernur Sultra H. Ali Mazi, Dansat Brimob Polda Sultra, Kombes Pol. Adarma Sinaga, SIK, M.Hum, Kajati Sultra Raden Febrytriyanto, Perwakilan Danrem 143/HO Kendari, Perwakilan Kabinda Sultra, Kepala BNNP Sultra, Kombes Pol. Sabaruddin Ginting.

Kakanwil KemenkumHAM Sultra Sofyan, S.Sos., SH, MH, Ketua Pengadilan Tinggi Sultra Dr. H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sultra Drs. H. A. Muzakki, M.H S.H.,M.Hum, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos,
Danlanud HLO Kendari Kolonel Pnb Muzafar, S.Sos., M.M, Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sultra Ibu Peggy Yan Sultra dan Para Purnawirawan Polri se-Sultra.

Korps Brimob Polri bersama dengan TNI dan rakyat, sejak awal kehadirannya memiliki andil yang besar dalam sejarah perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Bagi masyarakat Sultra, momentum ke-75 tahun Korps Brimob Polri, menjadi napak tilas peran Brimob dan ketokohan Komjen Pol. (Purn.) Dr. H. Moehammad Yasin, seorang putra daerah Sultra, sebagai Pahlawan Nasional dan Pendiri Korps Brimob Polri.

Eksistensi Korps Brimob sudah teruji sejak awal Kemerdekaan Republik Indonesia. Sejarah pembentukan Korps Brimob sebagai unit khusus kepolisian dengan kualifikasi tempur tidak lepas dari peran penting “Bapak Brimob Polri” Komjen Pol. (Purn.) Dr. H. Moehammad Yasin

Peristiwa perang Surabaya 10 November 1945, sangat mungkin terjadi karena peran besar Polisi Istimewa (Tokubetsu Keisatsu Tai), cikal bakal Korps Brimob Polri, yang ketika itu berada di bawah komando Inspektur Polisi Moehammad Yasin. Satu-satunya satuan tempur yang persenjataannya tidak dilucuti adalah Polisi Istimewa, sehingga pemuda Surabaya bersama Polisi Istimewa berhasil membatalkan pendaratan pasukan Belanda yang membonceng pada sekutu Inggris.

Peristiwa tersebut menjadi tonggak paling bersejarah dalam perjalanan Polri. Maka peringatan HUT Korps Brimob Polri ke-75, tahun 2020 menjadi sangat berarti bagi jajaran Brimob Polda Sultra. Sebab, pendiri Brimob Polri adalah Dr. H. Moehammad Yasin, seorang Jenderal Polisi kelahiran Baubau, Buton, Sulawesi Tenggara. Di Kota Kendari, nama Moehammad Yasin diabadikan menjadi nama jalan di kawasan boulevard.

Suatu hal yang membanggakan adalah pengabdian Korps Brimob selama ini di Sultra, menunjukkan peran yang teramat vital dalam menciptakan kondisi wilayah Sultra yang kondusif, melalui pelaksanaan kebijakan dan program bidang keamanan ketertiban masyarakat yang dilakukan secara sinergis dengan TNI dan pihak-pihak terkait lain, serta mendapat dukungan masyarakat.

Brimob Polda Sultra memposisikan diri sebagai salah satu unit kerja di lingkup Polda Sultra yang mampu mengambil peran-peran sosial secara aktif dan responsif. Utamanya dalam penanganan korban bencana alam dan non-alam serta terlibat langsung dalam penanganan konflik sosial di berbagai wilayah Sultra.

“Saya berharap Brimob Polda Sultra dapat terus eksis menjadi mitra strategis pemerintah provinsi dan pemerintah daerah serta institusi lainnya dalam melindungi dan memberikan rasa aman kepada warga Sultra, sebagai bagian integral NKRI,” harap Gubernur Sultra, H. Ali Mazi.

Selaku pimpinan tinggi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dalam momentum kali ini, Ali Mazi mengucapkan selamat dan sukses, seraya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas terlaksananya tugas dan fungsi Brimod Polri di Sultra.

“Saya, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Sultra serta masyarakat Sultra, mengucapkan selamat HUT ke-75 Korps Brimob Polri. Kami mendoakan, di usia ke-75 tahun, Korps Brimob Polri semakin kuat, tangguh dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian untuk mewujudkan situasi keamanan dalam negeri yang kondusif. Khususnya di Sultra, guna mendukung peran dan fungsi Polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani seluruh lapisan masyarakat,” ucap H. Ali Mazi.

Pemprov Sultra berkomitmen selalu mendukung berbagai langkah jajaran Brimob Polda Sultra dalam rangka meningkatkan kualitas kinerjanya, demi memaksimalkan pelaksanaan berbagai peran strategis di daerah ini.

“Saya berkeyakinan bahwa peningkatan peran dan fungsi Brimob Polda Sultra dapat selalu memberi energi dan kontribusi positif dalam mendorong percepatan pembangunan daerah. Demi terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat,” tutupnya. (ADS)

Editor : Haerun

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...