FKUB Dorong Pembentukan Perda Umat Beragamaan di Kota Kendari

245
 

Kendari, Inilahsultra.com Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bertandang ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk membangun sinergitas dan memperkuat eksistensi FKUB di Kota Bertaqwa.

Ketua FKUB Kota Kendari, Samsuri mengatakan, sebagai organisasi kemasyarakatan yang berbasis pada pemuliaan nilai-nilai agama, FKUB berperan sebagai pengembang toleransi beragama (promosi), pengacara umat beragama (advokasi), penasehat dan pembimbing toleransi (konsultasi), serta penengah yang adil dan bijaksana (arbitrasi) di tengah masyarakat yang agamis.

- Advertisement -

“Kota Kendari merupakan miniatur kerukunan umat beragama yang ditandai dengan adanya beberapa rumah ibadah berbeda yang dibangun berdampingan dan tidak pernah menimbulkan masalah. Ini perlu terus dipupuk dan dieratkan,” kata Samsuri saat ditemui di kantor DPRD Kota Kendari.

Mantan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari ini, mengusulkan ke legislatif adanya Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur terkait keagamaan di Kota Kendari.

“Kita dorong supaya di Kota Kendari ada Perda yang mengatur tentang keagamaan,” kata Samsuri.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan, sebagai ajang silaturahmi para pengurus FKUB banyak menjelaskan terkait hal yang sudah dan akan dikerjakan nantinya

Terdapat beberapa hal yang mesti menjadi tugas pemerintah ke depan, terutama terkait kondisi rumah ibadah yang belum memiliki sertifikat.

“Data itu ada pada FKUB, mulai jumlah rumah ibadah dan yang belum punya sertifikat. Ini butuh dukungan pemerintah dan semua pihak,” kata Subhan.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan, terkait masukan pembentukan Perda Forum Umat Beragama yang didorong oleh FKUB perlu didukung dan penting untuk dibahas ke depannya.

“Saya pikir ini penting untuk ke depannya ada Perda tentang keagamaan, apa lagi ini bagian dari SARA,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...