Meski APBD Ditetapkan Mulur, Sekda Yakin ASN Buteng Tetap Gajian

336
 

Labungkari, Inilahsultra.com ‚Äď Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tahun 2021 ditetapkan tanggal 7 Januari 2021. Meski mulur, Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng Konstantinus Bukide memastikan hal tersebut tak melanggar aturan.

Menurut dia, mulurnya penetapan APBD karena perubahan sistem penyusunan mengunakan aplikasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sehingga dari pola SIPD terbaru membuat OPD sangat kesulitan menyusun APBD.

- Advertisement -

‚ÄúHasil evaluasi Kemendagri, rata-rata hampir semua daerah melewati tahun. Memang aturan gaji itu setelah ditetapkan APBD baru bisa dibayarkan, namun melihat kondisi ini Kemendagri pada bulan Desember 2020 kemarin, mengeluarkan surat ke Gubernur, Bupati, Wali Kota, terkait gaji untuk Januari 2021 tetap dibayarkan meski APBD belum diketuk palu,‚ÄĚ ungkapnya.

Ia meyakini, selain tidak ada sanksi penahanan gaji, penetapan APBD pada tanggal 7 Januari 2021 itu juga tidak mempengaruhi DAU (Dana Alokasi Umum) dan DAK (Dana Alokasi Khusus). Sebab patokan Pemkab Buteng, pada Kementerian Keuangan menetapkan Perda APBD paling lambat diserahkan pada 31 Januari 2021.

‚ÄúKetika lewat dari 31 Januari, maka itu yang akan dikena sanksi,‚ÄĚ terangnya.

Dia menjelaskan, saat ini APBD Buteng tahun 2021 tinggal menunggu jadwal evaluasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

‚ÄúKUA-PPAS kita sudah disetor dari akhir Desember 2020. Kita harapkan sebelum 31 Januari Perda APBD 2021 Buteng sudah di kirim ke Kementerian Keuangan,‚ÄĚ tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...