15 Pejabat Publik di Buton Siap Divaksin Gelombang Pertama

212
Bupati Buton La Bakry saat memimpin Rakor percepatan penanganan Covid-19 di Aula Kantor Bupati Buton, Senin 18 Januari 2021.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Rapat Koordinasi (Rakor) Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buton tentang persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 digelar di Aula Kantor Bupati Buton, Senin 18 Januari 2021.

Dalam Rakor tersebut disimpulkan pelaksanaan vaksinasi akan digelar pada awal Februari 2021.

- Advertisement -

Bupati Buton La Bakry memaparkan, dalam mendukung pelaksanaan vaksinasi, Gubernur Sulawesi Tenggara telah mengeluarkan instruksi tentang langkah-langkah persiapan mendukung kegiatan tersebut.

“Baru saja keluar instruksi Gubernur Sultra tentang langkah-langkah persiapan mendukung vaksinasi di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Alhamdulilah kita sudah mendahului dengan mengadakan rapat koordinasi ini,” katanya.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Buton ini menegaskan, tanggung jawab semua pihak adalah menyampaikan tentang kebijakan Nasional vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Mulai dari aspek kesehatan yang sudah melalui uji klinis maupun kehalalannya menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kita semua harus meyakinkan masyarakat sesuai informasi sesuai dengan kebijakan nasional dengan pertimbangan yang rasional kepada masyarakat. Apalagi dengan media social hari ini, sehingga menuntut kita semua untuk menempuh langkah-langkah sosialisasi di masyarakat secara rasional,” kata dia.

Orang nomor satu di Kabupaten Buton ini juga memerintahkan pihak terkait untuk menyiapkan langkah-langkah termasuk infrastruktur untuk pelaksanaan vaksin Covid 19.

Sementara itu, Wakil Bupati Buton Iis Elianti mengungkapkan perlu adanya sosialisasi yang masif kepada masyarakat untuk menghilangkan kekhawatiran masyarakat akan vaksin Covid-19. Terlebih dengan banyaknya informasi hoaks yang beredar di media sosial sekarang ini.

Kapolres Buton AKBP Gunarko mengatakan, Polri siap untuk terus mensosialisasikan pentingnya vaksinasi Covdi-19 dan mengawal penjemputan hingga didistribusikan di seluruh wilayah di Kabupaten Buton.

“Pada intinya Polri siap mendukung penuh pelaksanaan Vaksin. Polri juga telah membuat meme ‘Saya Siap divaksin’. Bukan hanya di lisan, kalaupun divaksin, pihak Polri siap untuk menjadi yang pertama untuk divaksin,” katanya.

Dalam sosialisasi Vaksin dan pelaksaan 3 M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak) pihaknya selalu melakukan safari Jumat yang disampaikan melalui masjid-masjid, tentang petingnya penerapan Protokol Kesehatan dan vaksin Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Buton La Ode Zilfar Djafar mengatakan, harus ada keseragaman informasi sosialisasi kepada masyarakat agar tidak menimbulkan kebingungan di tengah-tengah masyarakat.

“Instansi terkait harus menyiapkan konsep informasi sebagai bahan sosialisasi yang perlu diketahui masyarakat tentang vaksinasi termasuk syarat-syaratnya,” katanya.

Ada 15 nama pejabat publik yang sudah disiapkan menjadi penerima vaksin gelombang pertama di Kabupaten Buton. Antara lain para pejabat publik, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, para kepala OPD terkait, tenaga kesehatan, aparat TNI/Polri, dan seluruh kepala Puskesmas di Kabupaten Buton.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...