Pembentukan Polres Buteng Menunggu Persetujuan Kemenpan RB

136
Kasubag Bagstrajemen Rorena Polda Sultra Haryono bersama Bupati Buton Tengah meninjau lokasi pembangunan Polres, Senin 15 Februari 2021.

Labungkari, Inilahsultra.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Bagian Strategi dan Manajemen (Bagstrajemen) melakukan studi kelayakan dan memantau lokasi persiapan pembentukan Polres di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Senin 15 Februari 2021.

Pembangunan Polres yang berlokasi di Kelurahan Bombonawulu Kecamatan GU ditinjau Kasubag Bagstrajemen Rorena Polda Sultra Haryono di dampingi Bupati Buteng Samahuddin dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat (OPD).

- Advertisement -

Menurut Haryono, syarat pembentukan Polres Buteng, mulai dari status lahan, dukungan pemerintah daerah dan DPRD, hingga dukungan tertulis yang sudah diperoleh Polda Sultra sudah memenuhi. Sehingga keputusan ada ditangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Ini sudah memenuhi syarat yang ditetapkan Polri, namun yang menentukan segalanya itu di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” ungkapnya.

Kata dia, persetujuan waktu pembentukan Polres Buteng tidak bisa ditentukan. Namun, pihaknya akan berjuang secepat mungkin. Pasalnya, pembentukan Polres ini juga bergantung pada permintaan dari Mabes Polri.

“Ini permintaan dari Mabes Polri, untuk mendata kabupaten mana saja yang mengajukan pembangunan Polres. Sedangkan kapan akan terbentuk, tidak bisa kita tentukan, seperti halnya Polres Buton Utara (Butur) selama tujuh tahun. Sedangkan Polres Butur berdasarkan usulan Polda Sultra. Mudah-mudahan segera mungkin dapat terealisasi,” terangnya.

Melihat kondisi letak geografis Buteng, lanjut Haryono, pembentukan Polres Buteng menjadi skala prioritas. Sebab Buteng terletak di daerah kepulauan yang terpisah dari Polres Baubau.

Bupati Buteng Samahuddin mengatakan, pihaknya selaku pemerintah daerah sudah menyiapkan seluruh persyaratan dan kebutuhan pembentukan Polres Buteng. Sehingga tinggal menunggu penilaian dari Polda Sultra dan keputusan Kemenpan RB.

“Semoga pembentukan Polres Buteng cepat terealisasi dan dengan hadirnya Polres Buteng, masyarakat aman, nyaman, hingga semakin berkah dan pembangunan makin maju,” ujarnya.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...