Pemkot dan BNN Baubau Komitmen Berantas Peredaran Narkoba di Dunia Usaha

Workshop Penggiat P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) Dunia Usaha Lingkungan Swasta, Kamis 18 Februari 2021.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Baubau komitmen memberantas atau meminimalisir terjadinya peredaran narkoba dalam dunia usaha.

Sejumlah pimpinan pelaku usaha baik dari BUMN, BUMD maupun perusahaan swasta di panggil.

Mereka digodok melalui workshop Penggiat P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) Dunia Usaha Lingkungan Swasta, di salah satu hotel di Kota Baubau, Kamis 18 Februari 2021.

Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menuturkan, upaya yang dilakukan ini adalah untuk mempersempit ruang gerak para pelaku tindak kriminal narkoba agar tidak terlalu leluasa.

“Jadi kita kancing mulai dari dunia pendidikan (sekolah dan kampus), perusahaan-perusahaan atau dunia kerja lainnya sehingga ruang lingkup mereka lebih kecil,” tuturnya.

Monianse berharap kepada semua pihak utamanya pimpinan perusahaan peduli agar para pekerja juga mengikuti kebijakan perusahaan dalam hal penanggulangan narkoba.

“Untuk saat ini memang belum ada kejadian, tapi kita antisipasi memang dari sekarang karena beberapa faktor yang bisa terjadi di dunia usaha salah satunya karena para pekerja memiliki kemampuan finansial untuk bisa membeli barang haram tersebut. Itu kami anggap pasar yang lagi dituju oleh para pengedar,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Baubau Alamsyah mengatakan, BNN saat ini juga fokus menanggulangi peredaran narkoba melalui jasa kurir.

“Kita fokus juga pada pengantaran barang melalui semua jasa kurir yang ada di Kota Baubau. Kita pantau paket yang datang, kemudian kita cek pakai alat,” ujarnya.

Alamsyah meminta pimpinan perusahaan untuk bertindak tegas terhadap pekerjanya yang terbukti melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

“Jadi kita suruh mereka untuk mensosialisasikan bahaya narkoba. Nantinya jika ada gelagat aneh oleh para pekerja, maka akan di tes urin dan jika terbukti harus di pecat oleh perusahaan,” tegasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry