Pemkot Baubau Luncurkan Aplikasi Smart UMKM

59
Sekda Kota Baubau Roni Muhtar saat melakukan launching aplikasi Smart UMKM, Selasa 6 April 2021.

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Koperasi dan UMKM resmi meluncurkan aplikasi smart UMKM, Selasa 6 April 2020.

Peluncuran/launching aplikasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat ini dihadiri oleh puluhan pelaku UMKM se Kota Baubau.

- Advertisement -

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Roni Muhtar menuturkan, aplikasi tersebut merupakan satu wujud inovasi Pemkot Baubau melalui Dinas Koperasi dan UMKM di dalam memfasilitasi kiprah para pelaku UMKM.

Kata dia, dengan kondisi perubahan saat ini terkait dengan pemanfaatan IT, Dinas Koperasi dan UMKM mengupayakan adanya salah satu produk aplikasi, yang mana produk aplikasi ini akan bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk memasarkan produknya dan bertransaksi melalui aplikasi itu.

“Ini adalah suatu langkah bagus dan semoga memberi kegunaan untuk memberi efek ekonomi yang luar biasa kepada pelaku UMKM,” kata jenderal ASN Kota Baubau ini.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Baubau Muh Salman Siradjuddin mengatakan, ide untuk membuat aplikasi ini untuk menjawab tantangan yang ada selama ini.

Bagaimana tidak, dalam hal pemasaran dari pada produk-produk UMKM ini sudah banyak terjadi di aplikasi jualan online lainnya seperti Bukalapak atau sejenisnya yang berbasis online.

“Sehingga ini menjadi tantangan kami untuk membuat aplikasi yang kami namakan Smart UMKM,” ujarnya.

Salman menambahkan, tujuan adanya aplikasi ini untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produk hasil olahan dari UMKM itu sendiri.

“Hari ini selain launching, kita juga memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM bagaimana cara mengoperasikan aplikasi Smart UMKM ini,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...