Tiga Calon Rektor UHO Bakal Jalani Tes Wawancara ke Kemendikbud

Ketua Senat Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Takdir Saili.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pemilihan rektor (Pilrek) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2021-2025 berlanjut di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

Ada tiga calon rektor yang diusul ke kementerian berdasarkan hasil pemilihan Senat UHO belum lama ini. Tiga nama calon rektor yaitu, Prof. Muhammad Zamrun mendapatkan 86 suara, Prof. Buyung Sarita sebanyak 9 suara dan Dr. Jamhir Safani hanya memperoleh 7 suara.

-Advertisement-

Ketua Senat UHO, Prof Takdir Saili mengatakan, sebelum melangkah pada tahap pemilihan, ke tiga calon Rektor UHO terlebih dahulu akan menjalani proses wawancara oleh Kemendikbud. Namun untuk waktunya masih menunggu keputusan dari Pusat.

“Yang pasti kementrian menyampaikan bahwa sebelum pemilihan nanti akan ada wawancara calon rektor UHO. Waktu dan tempatnya itu mereka (Kementerian) yang tentukan,” kata Prof Takdir Saili belum lama ini.

Prof Takdir Saili berharap, pada pemilihan rektor nantinya dapat dihadiri Menteri atau tidak perwakilan dari kementerian menyalurkan hak suara sebesar 35 persen.

“Apakah nanti suara 35 persen disampaikan langsung atau bagaimana itu persoalan teknis. Tidak mesti harus hadir, karena sudah ada contoh yang dilakukan daring (Online), kita harapkan dihadiri secara langsung dan mudah-mudahan saja ada perwakilan kementerian yang bisa hadir,” harapnya.

Sebenarnya, kata Takdir Saili, Senat sudah menyerahkan undangan pelaksanaan pemilihan rektor UHO yang dijadwalkan 16 Juni 2021 mendatang. Namun jadwal tersebut masih tetantif karena masih menunggu keputusan dari Kemendikbud.

“Kami (Senat) ajukan surat itu tanggal 16 Juni 2021 untuk pemilihan rektor. Tapi keputusan kapan waktu pelaksanaan pemilihan itu tergantung dari pusat,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments