Tim Pemburu Pelanggar Prokes di Baubau Bekerja Siang Malam

La Ode Muslimin Hibali.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan (Prokes) yang ada di Kota Baubau bekerja siang malam demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah itu.

Tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri dan Satpol PP ini menyasar tempat-tempat keramaian seperti pasar-pasar hingga tempat hiburan malam (THM).

-Advertisement-

Sekretaris Satgas Covid-19 Baubau La Ode Muslimin Hibali menuturkan, tim pemburu tersebut berjumlah 20 orang. Sistim kerjanya dibagi dua yakni 10 orang bekerja (pagi) siang dan 10 orang bekerja malam.

“Mereka memberikan edukasi dan imbauan kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi prokes, salah satunya penggunaan masker. Jadi mereka itu berkeliling, tidak menetap di satu tempat yang ada kerumunan saja,” tutur Muslimin di ruang kerjanya, Selasa 6 Juli 2021.

Kepala BPBD Kota Baubau ini mengakui jika tim pemburu pelanggar Prokes ini masih banyak menemui masyarakat yang melanggar saat beraktivitas di luar rumah alias banyak yang tidak menggunakan masker.

Kendati demikian, tim pemburu tidak menyerah dan terus memberikan edukasi kepada masyarakat. Bahkan dalam menjalankan tugas, tim yang di bentuk Juni 2021 ini juga sambil bagi-bagi masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker. Pun, diakui Muslimin jika sejauh ini belum ada sanksi bagi pelanggar Prokes.

“Belum ada penindakan berupa sanksi, kita fokus edukasi dan imbauan agar masyarakat patuh dalam penggunaan masker,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments