Bupati Butur Keluar Daerah, Pemanggilan Sekda Ditunda

Forum Mahasiswa Menggugat saat melakukan aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Butur, Jumat 10 September 2021.
Bacakan

Buranga, Inilahsultra.com – Pemanggilan Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Utara (Butur) Muh. Hardhy Muslim oleh DPRD ditunda. DPRD Butur belum melayangkan surat panggilan.

Wakil Ketua DPRD Butur Ahmad Afif Darvin mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menyiapkan langkah-langkah pemanggilan Sekda sebagai Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

-Advertisement-

Pemanggilan itu, terkait tuntutan Forum Mahasiswa Menggugat yang mendesak agar dilakukan pemanggilan Sekda Butur akibat proses pembebastugasan atau nonjob sejumlah pejabat eselon II, III, dan IV yang dianggap tidak memiliki dasar hukum.

“Kemarin (Jumat, 10 September 2021) itu kan jadwalnya jam 2. Tapi dipihak Baperjakat dalam hal ini Sekda difasilitasi oleh Ketua DPRD, mau mempersiapkan dulu,” kata Ahmad Afif Darvin saat dihubungi via telepon selularnya, Sabtu 11 September 2021.

Menurut Ketua DPC PDIP ini, sesuai kesepakatan dengan Pemerintah Daerah, pemanggilan itu akan dilakukan setelah Bupati Butur Ridwan Zakariah kembali dari perjalanan luar daerah.

“Kita sudah ketemu dengan mereka, dengan Pemda. Untuk resminya hearing ini kita tunggu dulu Pak Bupati karena sifatnya mendadak mereka mau rapat dulu semua,” jelasnya.

Sebenarnya saat pertemuan itu, lanjut Afif, sudah mempertanyakan dasar hukum Baperjakat melakukan pembebastugasan atau nonjob sejumlah pejabat eselon II, III, dan IV.

Hanya saja, pada saat itu Ketua DPRD Butur memberikan kebijaksanaan kepada Baperjakat untuk meminta arahan Bupati Butur Ridwan Zakariah terlebih dahulu. Apalagi, Bupati Butur sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

“Karena Bupati adalah PPK, jadi mereka menunggu Pak Bupati memberikan arahan kepada mereka,” ujarnya.

Pada dasarnya, tambah Afif, pemanggilan Sekda Butur Muh. Hardhy Muslim tetap berjalan normal dan hearing akan tetap dilakukan.

“Kita hargai dulu mereka (Baperjakat),” ujarnya.

Editor: Din

Facebook Comments