Gubernur Sultra Lakukan Penanaman Pohon di Area Kolam Retensin Boulevard

Gubernur Sultra Ali Mazi melakukan penanaman pohon di Kolam Retensi Boulevard Kendari, (foto :Iqra Yudha).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Penanaman pohon di Kolam Retensi Boulevard Kendari sebagai salah satu rangkaian mengatasi penanggulangan bencana banjir.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi saat memberikan sambutan di hadapan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Forkopimda Sultra, Senin 1 November 2021.

-Advertisement-

Ali Mazi mengungkapkan, fungsi utama kolam Retensi ini adalah untuk penampuangan air dalam mengatasi tingginya air sungai Wanggu ketika curah hujan yang tinggi.

“Keberadaan kolam Retensi ini berfungsi sebagai untuk mencegah banjir dan kerusakan lingkungan, serta menjaga pasokan kualitas air di tanah, dan juga sebagai rekreasi di Kota Kendari,” katanya.

Dijelaskannya, bahwa aliran sungai Wanggu yang mempunyai hulu di kabupaten Konawe Selatan, sedangkan sebagian aliran sungai berada di kota kendari telah menjadi penyebab banjir di beberapa tahun lalu dikarenakan curah hujan tinggi.

Sehingga alasan pembangunan kolam Retensi Boulevard ini adalah mencegah banjir kota kendari akibat meluapnya sungai Wanggu.

Untuk itu, sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi, dilaksanakan kegiatan penanaman pohon di Kolam Retensi sebagai penagnggulangan bencana banjir di Kota Kendari.

“Kami berharap dapat memaksimalkan fungsi kolam ini baik mencegah banjir daerah kota kendari, juga mendukung kelestarian yang berkelanjutan,” harap Ali Mazi.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments