FISIP UHO Bentuk Desa Binaan di Konawe Utara

13
Dekan Fisip UHO, Dr. La Tarifu.

Kendari, Inilahsultra.com – Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari bentuk Desa binaan di Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Desa binaan itu dibentuk untuk meningkatkan BPD dalam pengelolaan administrasi khususnya administrasi pemerintahan desa dan administrasi BPD.

- Advertisement -

Dekan FISIP UHO, Dr. La Tarifu mengatakan, Bina Desa dilakukan dalam rangka perwujudan Visi UHO Menjadi Perguruan Tinggi Unggul dalam Pengembangan Wilayah Pesisir, Maritim dan Perdesaan tahun 2045.

“Dan menindaklanjuti Program Kampus Merdeka & Merdeka Belajar yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi RI. Program Merdeka Belajar tersebut salah satunya adalah Magang Ke Desa,” Ucap Dr. La Tarifu, Kamis 25 November 2021.

Lebih lanjut, Dekan FISIP UHO menjelaskan bahwa sebelum magang mahasiswa ke desa, terlebih dahulu Desa yang menjadi lokasi magang mahasiswa tersebut mau tidak mau harus berbenah terlebih dahulu agar dapat tercipta nuansa pembelajaran yang ideal.

“Oleh karena itu FISIP melakukan pembinaan yang dikemas dalam Program Bina Desa. Program Bina Desa ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman bagi Pemerintah Desa dan BPD Desa Labungga”. Ucap Dr. Ketua ASPIKOM Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, Dr. Jopang, menambahkan, pelatihan Administrasi Pemerintahan Desa dan administrasi BPD dilakukan dalam bentuk Ceramah, Diskusi, praktek dan Pendampingan langsung oleh Narasumber dan Mahasiswa Administrasi Publik FISIP UHO.

Peserta dipandu langsung dalam mengisi Buku Format Administrasi Pemerintahan Desa sesuai dengan Permendagri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa.

“Terwujudnya Administrasi Pemerintahan Desa yang baik menunjukkan Good Governance (transparan, akuntabel, partisipatif dan taat nilai”, ungkap Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis.

Diketahui, dalam Program Bina Desa tersebut juga melibatkan beberapa dosen FISIP UHO lainnya, diantaranya Sartono, S.Sos, M.Si, Dr. Muh. Yusuf, M.Si . Kegiatan pembinaan itu juga dilaksanakan selama 3 bulan, mulai Agustus hingga Desember 2021.

Program Bina Desa dikoordinir langsung oleh Dekan FISIP UHO, Dr. La Tarifu, S.Pd., M.Si bersama Dosen Administrasi Publik, Dr. Jopang, S.Pd., M.Si selaku pemateri dalam desa binaan tersebut.

Reporter : Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...