Jalan Lingkar Kota Baubau Ditarget Tuntas April 2023

Proses pengaspalan jalan lingkar Kota Baubau (dokumentasi Dinas PUPR Baubau Desember 2022).
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Proses pengerjaan jalan lingkar Kota Baubau yang meliputi empat ruas diantaranya ruas Waborobo-Batu Popi, Bukit Asri-Batu Popi, Sorawolio-Bukit Asri, dan Bungi-Sorawolio terus berlangsung hingga tahun 2023 ini.

Persentase pengerjaan empat ruas jalan lingkar tersebut terus meningkat siginifikan dan ditarget tuntas 100 persen pada April 2023 ini karena tinggal proses pengaspalan.

Berdasarkan data dari Dinas PUPR Kota Baubau per tanggal 18 Desember 2022, untuk ruas Waborobo-Batu Popi yang sudah teraspal sekitar 3,3 kilometer dan sekitar 300 meter belum teraspal karena menunggu penyelesaian jembatan atau persentasenya 95 persen.

Selanjutnya ruas Bukit Asri-Batu Popi dalam waktu dekat baru akan dilakukan pengaspalan dengan panjang jalan 5 kilometer atau persentase saat ini masih 48 persen.

Kemudian ruas Sorawolio-Bukit Asri yang sudah diaspal sekitar 3,7 kilometer dengan persentase 80 persen serta ruas Bungi-Sorawolio total panjang jalan 4,5 kilometer dan yang sudah teraspal 3,5 kilometer atau persentasenya 90 persen.

Kepala Dinas PUPR Kota Baubau Andi Hamzah Machmud menuturkan, jalan lingkar ini menjadi program prioritas Pemkot Baubau yang harus diselesaikan di masa jabatan pemerintahan Tampil Manis (AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse) yang sisa waktu pemerintahannya tinggal beberapa bulan kedepan.

Kata dia, jika berbicara regulasi kalau berkaitan dengan program jalan lingkar, pihaknya menggunakan tahun jamak artinya dimungkinan dilaksanakan lebih dari setahun dan paling lama tiga tahun .

Andi Hamzah menjelaskan, memang di kontrak awal pengerjaan jalan lingkar itu sampai tanggal 18 Desember 2022. Namun karena ada beberapa kondisi yang memang tidak dimungkinkan atau tidak bisa diselesaikan sampai pada akhir kontrak 18 Desember 2022.

Berdasarkan data lapangan, lanjut dia, ada beberapa kondisi persoalan salah satunya persoalan lahan yang sehingga menghambat proses pelaksanaan pekerjaaan lapangan dan itu sudah diatasi. Persoalan lainnya juga yang menghambat pekerjaan adalah kondisi alam yang cukup ekstrim utamanya curah hujan tinggi pada dua tahun terakhir.

Sehingga pihaknya yang bekerjasama dengan BPKP, Inspektorat dan instansi lainnya melakukan kajian regulasi untuk melihat faktor-faktor keterlambatannya berdasarkan data di lapangan dan melakukan perpanjangan waktu pekerjaan hingga 2023.

Andi Hamzah mengklarifikasi sekaligus memperjelas bahwa perpanjangan waktu itu berdasarkan durasi waktu terhambatnya pekerjaan karena persoalan di lapangan, bukan karena memperpanjang waktu untuk memberi ruang kepada penyedia untuk menyelesaikan pekerjaannya.

“Jadi jangan lagi ada anggapan bahwa kita memberikan perpanjangan waktu itu untuk memberi ruang penyedia menyelesaikan pekerjaannya tapi kita perpanjang terkait dengan durasi waktu terhentinya pekerjaannya. Perpanjangan waktu untuk penyedia itu bervariasi karena persoalan yang terjadi di lapangan itu berbeda-beda sehingga penetapan perpanjangan waktunya itu menjadi berbeda-beda,” jelasnya, Selasa 10 Januari 2023.

Jika muncul pertanyaan apakah tidak bermasalah jika seperti itu, Andi Hamzah kembali menegaskan bahwa pihaknya menggunakan kontrak tahun jamak yang dimungkinkan dilaksanakan sampai tiga tahun dan perjanjian antara Pemkot Baubau dengan Bank Sultra (BPD) terkait dana pinjaman itu berakhir di bulan Juli 2023.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Baubau Rustam mengatakan, pengerjaan jalan lingkar ini diharapkan tuntas 100 persen sebelum April 2023. Karena target penyelesaian pekerjaan dari masing-masing penyedia itu bervariasi ada yang bisa di akhir Januari atau awal Februari dan Maret hingga April.

“Posisi saat ini tinggal persiapan mengaspal saja di lapangan sambil memperbaiki badan-badan jalan yang masih perlu perbaikan perkerasannya. Yang membuat tertunda juga ini karena stok aspal masih langka, tapi berdasarkan informasi bahwa minggu ini sudah masuk (aspalnya) untuk menyelesaikan pekerjaan pengaspalan,” tandas Rustam.

Untuk diketahui, total panjang jalan lingkar Kota Baubau ini sekitar 17 kilometer dan lebar jalannya rata-rata 6 sampai 7 meter.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry